Sensasi Gaming Ultra di 3 Monitor dengan ASUS TUF RTX 3080

Berasa Masuk ke Dalam Game! Inilah Sensasi Gaming di 3 Monitor dengan ASUS TUF RTX 3080!

Setelah diperkenalkan oleh Nvidia pada September lalu, GeForce RTX 3080 langsung menarik perhatian gamer PC di seluruh dunia. Bagaimana tidak? VGA yang sedang sangat hype dan ghoib ini disinyalir hadir dengan performa paling luar biasa namun dengan patokan harga yang lebih murah juga dibandingkan seri RTX sebelumnya.

Sudah bukan rahasia lagi kalau VGA atau kartu grafis ini akan sangat mudahnya melibas semua game AAA terkini. Tapi apa gunanya memiliki VGA mahal seperti RTX 3080 jika tidak dapat dimaksimalkan dengan penuh?

Nah, pada kesempatan ini, Bonus288 akan memperlihatkan betapa kerennya RTX 3080, kartu grafis yang sedang HYPE banget di seluruh dunia ini, saat diuji coba untuk gaming pada tiga monitor sekaligus dengan settingan setiap gamenya rata kanan!

Berbeda dengan bermain game di satu monitor, tentu saja ada beberapa kelebihan yang bisa didapat dengan menggunakan monitor lebih banyak, salah satunya memperluas sudut pandang bermain, melihat beberapa objek tanpa harus merubah sudut pandang layar hingga membuat pengalaman gaming jadi lebih nyata.

Jadi, untuk mendukung pengalaman bermain game yang maksimal di setup 3 monitor tersebut, apakah ASUS TUF RTX 3080 dapat menawarkan potensi performa terbaik saat ini?

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, pada artikel special kali ini kami akan mencoba untuk melakukan testing secara langsung, memberikan impresi akan pengalaman bermain game yang didapat serta analisa performa saat memainkan game di 3 monitor dengan ASUS TUF RTX 3080.

Daripada penasaran, gamers bonus288 langsung saja simak pembahasannya sampai habis, ya!

SPESIFIKASI PC DAN MONITOR YANG DIGUNAKAN

Demi mengangkat performa ASUS TUF RTX 3080, khususnya saat memainkan game di resolusi tinggi dengan setting maksimal, Kru KotGa sudah menyiapkan spesifikasi PC yang powerful juga.

Setup-nya di bawah ini.

ProsesorIntel Core i7-10700K @5.0GHz
MotherboardTUF Gaming Z490-Plus WI-FI
CoolerCooler MasterLiquid ML120R RGB
GPUASUS TUF Gaming NVIDIA GeForce RTX 3080
RAMApacer NOX RGB 2x8GB DDR4-3200
SSDWDC Black SN750 M.2 NVMe 2TB
PSUCooler Master MWE Gold 850 V2 Full Modular

Agar serasi dengan produk VGA yang akan diuji, kami juga menggunakan monitor dari ASUS yaitu TUF Gaming VG279QM. Monitor dengan layar berukuran 27-inch Full HD ini sudah mendukung Ultrafast Response Rate hingga 280Hz, hingga dukungan teknologi ASUS Fast IPS yang memungkinkan GTG Response Time 1ms demi kualitas gambar paling tajam dan imersif. Tidak hanya itu, monitor gaming ini juga sudah dibekali dengan sertifikasi DisplayHDR 400, dimana kamu bisa merasakan pengalaman bermain game dengan kedalaman warna terbaik.

Mengandalkan beragam keunggulan tersebut, ASUS TUF VG279QM rasanya adalah monitor yang sangat cocok untuk mendukung pengalaman bermain game paling maksimal baik itu saat konfigurasi satu dan tiga monitor. Dukungan fitur ASUS Extreme Low Motion Blur Sync juga dapat memastikan agar pengalaman bermain gamers bonus288 tetap minim dari efek ghosting dan tearing saat ELMB dan G-Sync aktif.

SENSASI BERMAIN GAME YANG LEBIH LEGA DAN IMERSIF

Untuk melihat seberapa signifikan sensasi yang ditawarkan saat bermain game di tiga monitor, kami memutuskan untuk langsung mencoba mengujinya di beberapa game populer mulai dari Microsoft Flight Simulator, Watch Dogs Legion, Genshin Impact, Marvel’s Avengers dan PUBG. Impresinya bisa kamu simak di bawah ini:

(sebagai tambahan, semua game yang kami coba sudah di set ke setting maksimum dengan resolusi 1920 x 1080 untuk satu monitor dan 5760 x 1080 untuk tiga monitor)

Microsoft Flight Simulator

Microsoft Flight Simulator adalah salah satu game keluaran terbaru yang memiliki tuntutan spesifikasi yang tinggi, namun dengan ASUS TUF RTX 3080 kami tentunya tidak perlu khawatir dengan performa yang bisa ditawarkan, khususnya dari segi kualitas grafis. Game ini juga mengandalkan sudut pandang luas agar dapat memberikan sensasi seperti mengendarai pesawat sungguhan.

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor – Untuk setup satu monitor pengalaman yang dirasakan sebenarnya cukup enjoyable, hanya saja saat berada dalam mode cockpit kamu tidak dapat melihat keseluruhan panel kendali dalam satu layar sehingga keseluruhan sudut pandang memang jadi terasa lebih terbatas.
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor – Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Microsoft Flight Simulator adalah game yang dapat mengandalkan sudut pandang luas, dan benar saja pengalaman yang kami rasakan saat bermain di tiga monitor terasa jauh lebih berbeda. Baik saat berada di dalam cockpit pesawat maupun saat mengendarai dari sudut pandang jauh kamu dapat melihat pemandangan dunia dari atas dengan lebih luas.

Watch Dogs Legion

Satu lagi game open-world terbaru keluaran Ubisoft yang cukup ramai dan sukses menarik perhatian fans selama beberapa minggu terakhir. Watch Dogs Legion juga termasuk game yang bisa dimaksimalkan dengan setup tiga monitor untuk memberikan sudut pandang luas saat melakukan eksplorasi di map open-world dan jalanan London yang selalu sibuk.

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor – Maka seperti biasa, memainkan game open-world standar seperti Watch Dogs Legion di satu monitor tetap menawarkan sensasi yang sepantasnya dan enjoyable bagi semua pemain. Namun kamu tentunya juga bisa memaksimalkannya ke tingkat yang lebih imersif dengan tiga monitor.
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor – Memainkan Watch Dogs Legion di tiga monitor membawa kelebihan baru yang sebelumnya tidak kami duga. Karena selain dapat melihat lingkungan sekitar dengan sudut pandang luas dan lebih imersif, kamu juga dapat melihat Operative potensial atau NPC yang bisa direkrut dalam kelompok DedSec dengan lebih baik. Jadi misalkan sebelumnya ada NPC yang terlewat dari pandanganmu karena hanya menggunakan satu monitor, kini kamu dapat melihat NPC tersebut dan merekrutnya.

Assassin’s Creed Valhalla

Salah satu game open-world terbaru dari Ubisoft yang paling diantisipasi ini akhirnya sudah tiba, dan kami merasa kalau ini adalah game yang juga sangat cocok untuk bahan pengetesan dengan setup tiga monitor. Map open-world yang sangat luas dengan fokus gameplay yang menitikberatkan eksplorasi akan sangat terdukung dengan sudut pandang bermain yang luas pula.

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor – Karena kami sudah terbiasa memainkan game open-world di satu monitor, pengalaman yang dirasakan tentu saja masih terasa sama dan tetap enjoyable. Namun bagaimana jadinya jika menggunakan tiga monitor?
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor – Memainkan Assassin’s Creed Valhalla di tiga monitor adalah sebuah pengalaman yang cukup luar biasa, dimana kamu bisa melihat seluruh lingkungan alam sekitar dengan lebih jelas. Ada juga banyak momen dimana kamu harus dapat melakukan infiltrasi dan pertempuran besar yang memang menuntut fokus saat melihat area sekeliling, dan setup tiga monitor ini terbukti mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Genshin Impact

Rasanya kurang lengkap jika tidak menambahkan game F2P yang sedang sangat populer ke dalam pengetesan ini, dan benar saja Genshin Impact termasuk salah satu game terbaik yang kami uji dalam pengetesan tiga monitor sejauh ini.

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor – Pengalaman yang kami rasakan saat bermain di satu monitor tetap terasa enjoyable dan sesuai dengan ekspektasi, dimana beberapa UI yang dapat berpindah ke satu sisi layar menjadi lebih terfokus di bagian tengah.
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor – Dunia Teyvat yang luas kini menjadi jauh lebih hidup dan menyegarkan saat dilihat di setup tiga monitor. Genshin Impact adalah game yang berfokus pada eksplorasi dan kejelian mata dalam melihat beberapa item penting yang perlu didapat, dan memainkan game ini di tiga monitor terbukti sangat membantu.

Marvel’s Avengers

Game adaptasi superhero yang cukup lama dinanti ini akhirnya tiba, dan kami tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mencicipi pengalaman beraksi dengan Captain America dkk. dengan setup 3 monitor yang lebih imersif.

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor – Saat dimainkan di setup satu monitor kami tetap merasakan pengalaman standar yang sesuai ekspektasi, hanya saja ada beberapa segmen dalam game yang menuntut fokus saat melihat adanya gerombolan musuh yang melakukan ambush di sisi lain, dan sayangnya kami tidak dapat melihatnya dengan jarak pandang terbatas di satu monitor.
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor – Beralih saat memainkan gamenya di tiga monitor, seketika Marvel’s Avengers dapat beradaptasi dengan sangat baik di setup ini. Dari awal loading screen hingga beralih ke segmen gameplay ketiga layar selalu terisi, yang memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman bermain lebih imersif dengan sudut pandang area sekitar yang lebih luas.

PlayerUnknown’s Battlegrounds

Selain game AAA, kami tentunya juga penasaran bagaimana sensasi saat gamers bonus288 memainkan game kompetitif Esports di setup tiga monitor, apakah pengalaman yang diberikan memang terasa berbeda dan membawa nilai plus tersendiri?

  • Saat Dimainkan di 1 Monitor – Memainkan PUBG atau game kompetitif lainnya di satu layar memang sangat normal dan sudah menjadi standar, karena ada kelebihan tersendiri juga yaitu menjaga fokus pemain dalam satu sudut pandang. Jadi kami merasa bermain PUBG di satu monitor adalah pengalaman yang lebih enjoyable.
  • Saat Dimainkan di 3 Monitor – Sementara itu, saat beralih ke setup tiga monitor, kami langsung merasakan satu keuntungan besar, yaitu luasnya sudut pandang area pertempuran yang membantu dalam mengetahui letak keberadaan musuh. Sayangnya sudut pandang kamera ke karakter, baik saat berada dalam mode third maupun first person, menjadi lebih dekat.

KESIMPULAN PENGALAMAN BERMAIN GAME, 1 MONITOR VS 3 MONITOR SEBERAPA BEDA?

Jika melihat impresi yang kami berikan dari semua game yang sudah diuji coba, gamers bonus288 pastinya bisa melihat bagaimana setup tiga monitor dapat memberikan pengalaman bermain dengan sudut pandang lebih luas dan imersif.

Objek yang sebelumnya tidak dapat dilihat karena limitasi dari satu monitor kini dapat terlihat dengan jelas, ini tentunya sangat membantu dalam game yang menuntut kejelian dalam melihat lingkungan sekitar baik saat melakukan eksplorasi di dunia open-world luas maupun mencari keberadaan musuh.

Namun, untuk mendapatkan pengalaman bermain dengan sudut pandang lebih luas dan nyata ini secara tidak langsung kamu akan membutuhkan lebih banyak ruang dalam menempatkan ketiga monitor tersebut. Namun jangan khawatir, karena ketiga monitor ini tergolong tipis dan bisa diletakkan sesuai seperti pada foto di atas untuk meminimalkan penggunaan ruang.

ANALISA PERFORMA DI ASUS TUF RTX 3080, SEBERAPA KENCANG?

Sebagai keluaran VGA terbaru dari ASUS yang dibekali dengan performa luar biasa, kami sengaja tidak menaruh kompromi saat menggunakan TUF RTX 3080. Semua game kami mainkan di setting maksimal dengan resolusi yang sudah disesuaikan untuk tiap setup yaitu 1 monitor di resolusi 1920×1080, 3 monitor di 5760×1080, dan satu monitor 4K sebagai tambahan di resolusi 3840×2160.

Hasilnya sendiri benar-benar memuaskan, dimana rata-rata game keluaran baru yang kami uji coba dapat berjalan stabil di atas 60 fps, namun kamu juga bisa melihat bagaimana adanya penurunan fps yang cukup signifikan di beberapa game saat dialihkan ke resolusi yang lebih tinggi.

Contoh jelasnya seperti Marvel’s Avengers, dimana game yang dapat berjalan di atas ratusan fps bahkan saat menggunakan setup tiga monitor tersebut mengalami penurunan fps yang drastis saat dimainkan di resolusi 4K, sementara game lainnya tidak memiliki perbedaan yang terlampau jauh.

Khusus untuk Genshin Impact karena FPS gamenya terkunci di angka 60, kami tidak dapat melihat potensi tertinggi yang bisa dicapainya, namun ada skenario dimana game ini terkadang mengalami penurunan fps yang bisa dirasakan dengan sangat jelas.

Hasil pengujian ini juga memberikan gambaran yang menarik dimana memainkan game di resolusi tiga layar monitor ternyata lebih ringan jika dibandingkan dengan satu monitor 4K. Menariknya, kamu juga bisa menghemat biaya dengan membeli tiga monitor serupa dan mendapatkan sensasi gaming yang lebih lega dan imersif. Jadi, setup 3 monitor ini bisa menjadi alternatif yang menarik untuk dicoba selain menggunakan 1 monitor 4K saja.

KESIMPULAN

Tidak peduli seberapa tangguh performa PC yang dimiliki oleh gamer manapun, pengalaman bermain yang sesungguhnya baru bisa dirasakan setelah pandangan mereka tertuju pada layar.

Demi memaksimalkan sensasi tersebut, kami akhirnya sudah mencoba memainkan game di setup tiga monitor ASUS TUF Gaming VG279QM dengan VGA ASUS TUF RTX 3080 dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Selain dapat melihat keseluruhan dunia di dalam game dengan ruang pandang yang lebih luas, pengalaman bermain game juga terasa menjadi lebih nyata, seolah kita masuk ke dalam dunia game tersebut.

Baik itu saat mengendarai pesawat dalam cockpit luas di Microsoft Flight Simulator, beraksi melawan kelompok penjahat yang mengintai di setiap sudut di Marvel’s Avengers hingga menjelajahi dunia Teyvat yang luas dan colorful di Genshin Impact, setiap game memberikan membawa sensasi imersifnya sendiri yang membuat pengalaman bermain di tiga monitor terasa lebih memuaskan.

Tidak hanya itu, hasil pengujian performa bahkan membuktikan kalau setup tiga monitor ternyata lebih ringan dibandingkan dengan satu monitor 4K sehingga para gamer bisa menjadikannya sebagai alternatif yang lebih hemat biaya, namun menawarkan pengalaman bermain yang berbeda.

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki monitor gaming serta vga RTX 3080 yang Bonus288 gunakan pada pengetasan di atas, berikut ini adalah detail harganya:

ASUS TUF Gaming VG279QM – IDR. 6.149.000
ASUS TUF Gaming NVIDIA GeForce RTX 3080 – IDR. 16.215.000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: