REVIEW JUJUR GENSHIN IMPACT : ANTI BOROS TAPI MAINNYA JOSS

Mihoyo, developer dibalik game populer Honkai Impact 3rd belum lama ini akhirnya resmi merilis proyek game terbaru mereka yang jauh lebih ambisius yaitu Genshin Impact. Berbeda dari prediksi banyak orang saat game ini pertama kali diumumkan, Genshin Impact ternyata sukses mencuri hati banyak gamer berkat kualitasnya yang dianggap cukup solid dan tidak hanya sekedar terkesan sebagai game kloningan The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Perbandingan ini memang tidak bisa dihindari, karena Genshin Impact memang terlihat jelas mengambil beberapa konsep unik dari game tersebut.

Ini membuat resepsi yang didapatkan gamenya masih cukup terbelah, dimana ada kalangan yang menyadari kalau Genshin Impact memang memiliki kualitas yang solid dan identitas kuatnya sendiri, namun ada juga yang tidak terima dan menganggap kalau game ini masihlah sekedar kloningan Breath of the Wild dengan sistem microtransaction P2W. Sebagai pihak yang netral dan memang penasaran dengan game ini, kami akhirnya memutuskan untuk memainkan Genshin Impact dan merangkum impresi yang cukup untuk dijadikan review.

Jadi seberapa solid kualitas yang ditawarkan Genshin Impact sendiri? dan apakah game ini memang lebih dari sekedar “kloningan” Breath of the Wild seperti yang terus disuarakan banyak pihak? Langsung saja simak rangkuman reviewnya Bonus288 di bawah ini.

JALAN CERITA

Sejak pertama kali diumumkan, pihak Mihoyo sudah menjelaskan kalau Genshin Impact adalah game open-world action RPG yang lebih berfokus pada konten single-player. Ini adalah poin penting untuk dibicarakan, karena tidak sedikit orang yang masih menganggap kalau game ini dibangun layaknya MMORPG dengan fokus konten multiplayer, apalagi melihat ketersediaan akses gratis untuk memainkan gamenya. Anggapan tersebut cukup meleset, karena Genshin Impact nyatanya memang dibangun layaknya game open-world RPG yang banyak kamu temui di pasaran, dimana porsi story campaign menjadi pendorong utama untuk membuat progress.

Untuk ceritanya sendiri, kamu akan berperan sebagai salah satu dari dua kakak beradik kembar yang menempuh petualangan ke berbagai dunia, dimana pada suatu hari saat tiba di Teyvat mereka dihadang oleh sosok dewa misterius yang menculik salah satu darinya dan memisahkan satu yang lain ke dunia berbeda. Saat berhadapan dengan sosok dewa ini di awal permainan, kamu akan diberikan pilihan untuk bermain sebagai si kembar laki-laki atau perempuan.

Setelah melewati poin ini, cerita akan berlanjut ke bagian dimana kamu akan berpetualang bersama sosok maskot bernama Paimon yang ditemukan sang karakter utama secara tidak sengaja saat memancing. Setting utama dari game ini adalah dunia bernama Teyvat yang dipenuhi dengan aneka ras, budaya, konflik, dan keunikan di tiap wilayahnya, dan dunia luas inilah yang menjadi ruang bermain kamu di sepanjang permainan. Mulai dari mengamati konflik yang disebabkan oleh naga Stormterror di kota Mondstadt, alur cerita akan terus berkembang mengikuti tujuan kamu dalam mencari sang saudara atau saudari kembarmu yang hilang.

Jalan cerita dalam Genshin Impact sendiri terkesan cukup sederhana dan memang terasa seperti plot yang bisa kamu temui di kebanyakan game JRPG, namun yang membuatnya terasa istimewa adalah bagaimana kamu memiliki keterlibatan dengan lebih banyak karakter menarik yang juga memiliki porsi ceritanya sendiri untuk diikuti. Perlu diketahui juga kalau porsi cerita yang ada di Genshin Impact saat ini masih kecil dan hanya mencakup 2 region yaitu Mondstadt dan Liyue, jadi kamu bisa mengantisipasi adanya perkembangan cerita dan konflik yang lebih dramatis seiring hadirnya update baru di masa mendatang.

OPEN-WORLD YANG COLORFUL

Teyvat dalam Genshin Impact adalah sebuah dunia open-world yang sangat indah dan dipresentasikan dengan grafis colorful yang memanjakan mata. Tidak jarang setiap kali melakukan eksplorasi kami berhenti untuk melihat alam sekitar dan mengapresiasi keindahannya. Selama melakukan eksplorasi kamu juga akan menemukan adanya kemiripan dengan Breath of the Wild seperti yang kebanyakan orang terus bicarakan, dan kemiripan tersebut terletak di kemampuan karakter untuk memanjat dinding apapun, menggunakan glider berbentuk sayap untuk melayang di udara, sistem stamina yang cukup terbatas.

Selain dari keindahan alamnya, gamers bonus288 juga bisa melihat bagaimana Mondstadt dan Liyue yang merupakan dua kota besar dalam game ini dibangun dengan detail dan estetika luar biasa. Meskipun setiap kota tidak memiliki terlalu banyak NPC, namun kamu tetap bisa merasakan betapa hidupnya kota-kota tersebut saat dijelajahi.

Presentasi dunia yang menawan bukan satu-satunya kelebihan dari desain open-world dalam Genshin Impact, karena kamu juga akan disibukkan dengan banyaknya point of interest yang tersebar luas di seluruh map dunianya. Eksplorasi selalu terasa rewarding karena kamu akan selalu menemui sesuatu yang menarik baik itu sekedar menaklukan camp musuh yang menyimpan peti harta untuk dibuka, tantangan puzzle untuk diselesaikan, temple atau dungeon untuk dijelajahi, dan masih banyak lagi.

COMBAT SEDERHANA, NAMUN TETAP MENGGUGAH

Beralih ke sistem combatnya, untuk yang satu ini kami juga harus memberikan apresiasi pada bagaimana Genshin Impact dapat membuat setiap encounter selalu terasa seru dan menggugah. Di atas kerta sistem combat dalam game ini memang cukup sederhana, dimana setiap karakter yang kamu kendalikan dibekali dengan kombo serangan standar serta dua skill unik yang terdiri dari skill normal dan special. Namun yang membuat gameplay dalam Genshin Impact sangat menarik adalah bagaimana kamu dapat mengombinasikan berbagai elemen dan membentuk reaksi serangan yang lebih besar.

Kamu dapat membentuk party beranggotakan empat orang yang dapat di switch kapanpun selama berada di tengah pertempuran, yang memang sangat kami rekomendasikan karena menggunakan satu karakter saja tidak akan bisa memaksimalkan potensi dari adanya reaksi elemen yang kami bicarakan sebelumnya. Jadi dalam game ini setiap karakternya memiliki elemen berbeda yang terdiri dari Cryo (es), Pyro (api), Hydro (air), Anemo (angin), Electro (petir) dan Geo (tanah).

Untuk menciptakan reaksi serangan antar elemen pertama kamu harus memberikan semacam status effect pada musuh. Contohnya jika kamu berhasil membuat musuh atau area sekitarnya terbakar, kamu dapat memperkuat damage serangan serta penyebarannya dengan menggunakan serangan elemen angin (Anemo). Begitu pula saat musuh menjadi basah dan terkena status Wet, maka kamu bisa membekukan mereka dengan menggunakan serangan elemen es (Cryo). Kombinasi serangan antar elemen ini bisa kamu modifikasi sedemikian rupa tergantung dari party member yang kamu miliki serta eksekusi skill yang dapat terikat menjadi kombo.

Selain bisa digunakan dalam pertempuran, skill elemen yang dimiliki karakter ternyata juga dapat membantumu saat eksplorasi. Contohnya kamu bisa menyebrangi sungai atau aliran air dengan membuat semacam jembatan es berkat adanya skill Cryo, atau bisa juga gamers bonus288 melakukan melayang untuk menjangkau area lebih tinggi dengan menggunakan skill Anemo seperti yang dimiliki Venti.

RAGAM AKTIVITAS DAN PROGRESS KARAKTER

Seperti yang sempat kami bahas di beberapa poin sebelumnya, dalam Genshin Impact kamu dapat melakukan ragam aktivitas mulai dari menyelesaikan story quest dan side quest, eksplorasi dunia, menyelesaikan tantangan puzzle dan menduduki camp musuh untuk berburu reward, menjelajahi dungeon, dan masih banyak lagi. Kamu akan selalu dihadapkan pada banyak aktivitas yang siap membuatmu sibuk sampai menghabiskan waktu puluhan hingga ratusan jam. Namun kamu tidak perlu selalu menikmati game seorang diri, karena ada juga fitur online co-op yang memungkinkanmu untuk bermain dengan tiga pemain lain. Kamu nantinya bisa mengakses fitur ini saat mencapai Adventurer Rank 16.

Sayangnya fitur online co-op dalam game ini kurang terlalu dieksplor dan lebih terasa relevan saat menyelesaikan tantangan dungeon saja, tapi sekali lagi hal itu cukup masuk akal mengingat konsep gamenya yang lebih difokuskan sebagai game single player. Bukan game single player action RPG tentunya jika kamu tidak disuguhkan dengan sistem character progression, dan untuk yang satu ini Genshin Impact mengeksplornya dengan cukup baik.

Jadi selain hanya meningkatkan level karakter, kamu bisa memperkuat mereka dengan memberikan artifact yang berfungsi sebagai aksesoris, senjata yang memiliki base ATK tinggi dengan efek tambahan lain, meningkatkan efek buff dengan meningkatkan level Constellation, serta memperkuat skill dengan meningkatkan level Talent. Dan semua ini hanya difokuskan untuk satu karakter, jadi kamu mungkin akan berakhir menghabiskan banyak waktu untuk grinding dan memaksimalkan kekuatan dari tiap karakter yang dimiliki. Grinding bisa menjadi proses yang membosankan karena memakan terlalu banyak waktu dan terasa repetitif, namun berkat alur gameplay Genshin Impact yang seru aktivitas ini justru menjadi proses yang adiktif.

Terlepas dari sistem character progression yang cukup baik, sayangnya game ini tidak menawarkan kustomisasi seperti mengganti pakaian karakter atau menambahkan aksesoris untuk memperunik penampilan mereka. Satu-satunya kustomisasi yang ada hanyalah bagaimana kamu dapat mengganti tampilan skin Wind Glider.

GACHA YANG ESENSIAL

Bukan game free-to-play yang juga tersedia di mobile namanya jika tidak ada sistem gacha, dan untuk Genshin Impact sudah pasti kamu akan tergoda untuk mendapatkan karakter waifu impian meskipun harus merogoh kocek dalam. Kabar baiknya kamu bisa membuka beberapa karakter secara gratis hanya dengan melakukan progress dengan normal. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan Primogems yang merupakan mata uang terpisah untuk membuka Gacha secara berkala, jadi sebagian kalangan gamer yang khawatir akan sistem P2W (pay-to-win) bisa bernapas lega karena Gacha / Microtransaction dalam game ini sepenuhnya bersifat opsional.

Namun jika kamu tertarik untuk mendapatkan karakter atau senjata tingkat tinggi secepat mungkin, maka membuka Gacha adalah opsi terbaik untuk melakukannya. Rate Gacha dalam game ini memang cukup brutal dan ada banyak skenario dimana pemain tidak berhasil mendapatkan karakter incaran mereka setelah menghabiskan terlalu banyak Primogems, namun sekali lagi ada banyak kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan karakter hanya dengan meningkatkan level Adventurer Rank dan berburu Primogems dengan menyelesaikan ragam aktivitas.

KESIMPULAN BONUS288

Berawal dari game yang awalnya mendapatkan respon negatif karena kemiripannya dengan The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Mihoyo nyatanya berhasil menciptakan game open-world action RPG yang menawarkan keunikan dan daya tarik kuatnya sendiri. Selain dari kualitas grafis colorful dan indah yang menyelimuti dunianya, sistem combat menggugah dengan konsep penggabungan elemen, beragam karakter playable unik dan sangat berbeda antara satu sama lain, hingga koleksi soundtrack indah yang membuat pengalaman bermain semakin imersif, siapapun bisa melihat kalau Genshin Impact benar-benar dikembangkan dengan production value yang serius dan bahkan sekelas dengan game AAA.

Bukan karena tanpa kekurangan tentunya, karena kami merasa kalau game ini masih membutuhkan lebih banyak konten sebelum bisa dinilai secara penuh. Selain tambahan story chapter dan region baru untuk melihat potensi cerita utamanya secara penuh, game ini rasanya juga memerlukan tambahan fitur kustomisasi karakter untuk membuat penampilan mereka lebih menarik. Ini tentunya akan semakin terasa esensial apalagi saat bermain secara online co-op dengan teman dan melihat bagaimana mereka mendesain penampilan karakter yang dimainkannya.

Sebagai tambahan, kami memainkan Genshin Impact di sistem PlayStation 4 Slim dengan fps yang dikunci di angka 30. Performa gamenya cukup mulus, namun ada beberapa skenario dimana kami melihat adanya texture pop-in dan penurunan fps secara drastis, khususnya saat berada di tengah kota yang ramai atau saat adanya banyak efek partikel yang muncul di layar. Terlepas dari kekurangan ini, Genshin Impact adalah game yang sukses membuktikan identitasnya dengan kualitas yang solid dan bahkan melebihi ekspektasi banyak gamer. Dan lebih hebatnya lagi, kamu bisa menikmati semua pengalaman ini 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: