GIMANA CARA NGECEK IMEI HP KAMU SUDAH TERDAFTAR ATAU BELUM??

Pengendalian IMEI Sudah Berlaku, Begini Cara Ngecek Hp Kamu Sudah Terdaftar atau Belum

Pada Selasa (15/09/2020), melalui siaran pers, pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah resmi memberlakukan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk perangkat telekomunikas, seperti smartphone, Hp biasa, dan komputer tablet (HKT).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka perlindungan konsumen, pengendalian IMEI pada perangkat telekomunikasi yang dibeli dan menggunakan perangkat yang memenuhi standar, sah atau legal dapat memberikan kepastian hukum kepada operator dalam menghubungkan perangkat yang sah ke jaringan telekomunikasi.

Kebijakan pengendalian IMEI ini dijalankan atas kerja sama antara Kominfo dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Keuangan yang didukung seluruh operator telekomunikasi seluler bonus288 di Indonesia.

Sejak diberlakukannya peraturan, sistem Central Equipment Identity Register (CEIR) sebagai pusat pengolahan informasi IMEI telah dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) untuk mengintegrasikan sistem Equipment Identity Register (EIR) dari 5 operator. Penyempurnaan sistem akan terus dilakukan untuk menjamin kesiapan pengendalian IMEI.


Seluruh perangkat HKT yang IMEI nya tidak terdaftar di dalam sistem CEIR, nantinya tidak akan mendapatkan layanan jaringan telekomunikasi seluler.

Dihimbau kepada masyarakat yang akan membeli perangkat HKT, terlebih dahulu memastikan IMEI-nya tercantum pada kemasan dan perangkat serta mengecek IMEI perangkatnya di http://imei.kemenperin.go.id.

Cek kode IMEI dengan menekan *#06# di Hp gamers bonus288.

Selanjutnya, bisa melakukan uji coba perangkat yang akan dibeli dengan memasukkan kartu SIM gamers bonus288, dan pastikan perangkat mendapatkan sinyal telekomunikasi dari operator.

Jika tidak mendapat sinyal, patut diwaspadai bahwa perangkat tersebut tidak terdaftar.

Untuk pembelian secara online, pastikan bahwa penjual menjamin IMEI perangkat sudah tervalidasi dan teregistrasi sehingga dapat digunakan untuk berkomunikasi dalam daringan (daring) atau online.

Bagi masyarakat yang membeli HKT secara daring melalui barang kiriman atau membawa perangkat dari luar negeri atau dari Free Trade Zone melalui bandar udara dan pelabuhan, wajib mendeklarasikan, memenuhi kewajiban perpajakan dan dapat mendaftarkan IMEI perangkat melalui https://www.beacukai.go.id/register-imei.html atau melalui aplikasi Mobile Beacukai yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Aktivasi perangkat dengan kartu SIM Indonesia akan bisa dilakukan maksimal 2×24 jam.

Ada masalah mengenai pengendalian IMEI, silakan gamers bonus288 hubungi Call Center Kominfo di 159.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: