10 MMORPG Nostalgia PC Lawas yang Sudah Rilis di Mobile!

Tidak seperti zaman dahulu, warnet-warnet kebanyakan dikuasai oleh game-game bergenre MMORPG. Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan. Pada game MMORPG para pemain dituntut untuk benar-benar berdedikasi dalam membangun karakter impiannya yang tentunya harus mengorbankan waktu yang sangat banyak dan mungkin gamers bonus288 harus sedikit menguras kantong. Seiring perkembangan zaman, tentu saja MMORPG jadul yang dirilis di bawah tahun 2008 tidak bisa bersaing dalam hal mekanisme gameplay yang kompleks dan realistis, apalagi dalam urusan grafis. Tentu saja para fans mengharapkan beberapa MMORPG jadul mendapatkan versi terbarunya ataupun versi mobile yang semakin lama semakin menjamur. Nah, pada artikel ini Bonus288 memberitahukan beberapa MMORPG lawas yang sebelumnya di PC, lalu dirilis kembali dalam versi mobile, baik yang sudah dirilis, maupun yang akan segera dirilis. Apa saja? Yuk simak artikelnya!

1. PERFECT WORLD MOBILE

Perfect World Mobile memiliki slogan next generation aerial combat dimana para pemain akan bisa bertarung di udara, tidak hanya di darat. Perfect World mengangkat tema legenda cina kuno dengan konsep dunia Pangu yang digambarkan dengan grafis 3D indah lengkap dengan pergantian siang malam dan cuaca. Dunia Perfect World sangatlah luas dengan konten yang mencakup PvP dan juga PvE.Beberapa fitur terbaik yang ada di versi PC bisa tetap ditemukan para pemain di versi mobile ini. Seperti berbagai kostum hingga tunggangan serta kostumisasi karakter yang cukup lengkap. Untuk awalnya, nanti akan ada 4 class terlebih dahulu, yaitu Human Wizard, Untamed Barbarian, Male Winged Elves Archer, dan juga Female Winged Elves Cleric.

2. ROHAN M

Bagi kamu gamer PC yang sudah berkecimpung dari awal tahun 2000an, Rohan Online mungkin adalah salah satu dari sekian banyak MMORPG yang cukup digemari oleh para gamer. Meskipun sudah tidak rilis eksklusif di Indonesia seperti dulu, kini Rohan masih “hidup” di Asia Tenggara.Rohan Mobile memiliki user interface yang cukup rumit dan terlihat penuh di layar dengan adanya fitur Auto di dalamnya. Konsep open-world MMORPG sudah dipastikan dimiliki oleh versi mobile tersebut. Disisi lain, Rohan Mobile juga memiliki kualitas grafis yang cukup fantastis layaknya game mobile zaman sekarang. Sayangnya, belum ada bocoran mengenai jadwal rilisnya untuk versi global.

3. LINEAGE 2M

Developer asal Korea Selatan memang tidak pernah tanggung-tanggung dalam mengembangkan game mobile dengan grafis yang sangat fantastis. Salah satu developer yang cukup aktif dalam merilis game mobile dengan grafis fantastis adalah NCSoft. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Lineage 2M.Secara garis besar, Lineage 2M membawa konsep yang mirip seperti Lineage II seperti versi PC terdahulu. Namun, NCSoft memberikan sentuhan kualitas grafis yang lebih fantastis dengan penyesuaian UI dan kontrol untuk perangkat mobile tentunya. Konten PvP dan PvE bisa dibilang akan tidak jauh berbeda seperti versi PC.

4. RAGNAROK M ETERNAL LOVE

Bisa dibilang, Ragnarok M Eternal Love merupakan salah satu game terpopuler di kalangan gamer Indonesia sejak rilis. Memiliki gameplay Ragnarok klasik dengan berbagai perubahan-perubahan dan sistem grinding yang lebih dipermudah, baik pemain lama maupun pemain baru langsung memainkan Ragnarok M dan bertualang ke Rune Midgard.Ragnarok M Eternal Love menggunakan Grafis 3D cantik yang memperlihatkan karakter dan kostum yang terdapat dalam Ragnarok M terlihat cantik dalam layar smartphone. Walau demikian, penggunaan 3D tidak mengurangi esensi Ragnarok Online yang kita kenal sebelumnya.

5. CABAL ONLINE

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Cabal adalah salah satu MMORPG PC lawas yang cukup digandrungi pada zamannya. Entah di seluruh dunia, ataupun Indonesia. Cabal Mobile dibawa langsung oleh developer sekaligus publisher utamanya yaitu ESTgames. Layaknya versi PC, Cabal Mobile memiliki konsep open-world MMORPG dengan berbagai class seperti Blader, Warrior, Archer, Force Blade, dan lain-lain.Berbagai kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing class juga tidak terlalu berbeda dengan versi PC, bahkan ikonnya juga dimiripkan. Konten PvP dan PvE yang ditawarkan juga cukup lengkap layaknya versi PC. Tidak mengherankan memang karena sang developer menargetkan untuk tidak terlalu mengubah jauh di versi mobile agar kesan nostalgianya makin terasa.

6. WORLD OF DRAGON NEST

World of Dragon Nest akan memiliki berbagai fitur utama. Yang paling menarik adalah konsep open-world yang dimilikinya. Para pemain bisa melakukan eksplorasi sepuasnya hingga melakukan aktivitas seperti memancing, menanam, menempa, dan masih banyak lainnya. Selain itu juga, akan ada fitur 200-Player PVP, dimana 4 tim dengan masing-masing 50 pemain akan dipertemukan dalam satu arena yang sama.Beberapa fitur lainnya yang dihadirkan juga tidak kalah menarik, diantaranya adalah Selectable Gender, hingga New Battle System, dimana masing-masing class nantinya bisa menggunakan dua senjata sekaligus secara bergantian. Karena kualitas animasi dan grafis yang ditawarkan cukup bagus, kamu membutuhkan smartphone dengan spesifikasi tinggi untuk memainkannya.

7. ROSE ONLINE MOBILE

Diberi judul “ROSE Online: Dreaming Goddess and Star Journey”, game tersebut akan memiliki empat class utama seperti Rogue, Soldier, Mage, dan juga Gunner. Mekanisme yang ada di PC seperti Sistem Cart juga akan diimplementasikan di versi mobile ini. Sayangnya, fitur robot Castle Gear belum bisa dipastikan kehadirannya.Bagi gamers bonus288 yang masih asing atau lupa dengan ROSE Online, game tersebut adalah MMORPG yang bercerita tentang sebuah dunia yang memiliki tujuh planet dengan visualisasi dan tema yang terinspirasi dari cerita dongeng, fantasi, novel yang secara kesusastraan juga menyangkut perjalananan mencari arti kebenaran. Tujuan utama game Rose Online Evolution adalah melakukan sebuah petualangan yang mengasyikkan dengan kamu berperan sebagai seorang Visitor, dimana setiap aksi dan tindakan yang kamu lakukan akan mempengaruhi jalan cerita utama.

8. MU ORIGIN

MU ORIGIN 2 dilisensikan oleh WEBZEN dan dikembangkan oleh tim yang sama dari game MU Origin. MU ORIGIN 2 menghidupkan kembali petualangan fantasi yang cukup memukau dan bervariasi. MU ORIGIN 2 sendiri menghadirkan pengalaman MMORPG 3D fantasi yang tentunya telah ditingkatkan dan menambahkan konten yang cukup banyak.

9. TERA CLASSIC

Dengan menjamurnya game mobile saat ini dan banyak developer yang membawa seri andalannya dari konsol ke mobile, sepertinya juga tidak ada keraguan bagi para developer game online PC ternama untuk membawa game besutannya ke perangkat mobile. Tera Classic besutan Kakao Games akhirnya kini sudah resmi dirilis untuk Android dan iOS.TERA Classic sendiri memiliki kualitas grafis yang fantastis karena dibangun dengan Unreal Engine 4. Menariknya, sang developer akan tetap mengimplementasikan berbagai fitur yang ada di versi PC ke versi mobile. Contohnya, seperti memfokuskan dengan pertarungan PvE dan PvP yang selalu dilakukan dengan party bersama teman dan diadakan dengan skala yang sangat besar. Jika gamers bonus288 tidak masalah dengan bahasanya, kamu sudah bisa memainkannya sekarang.

10. SEAL NEW WORLD

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Seal Online adalah salah satu game online yang sangat ramai dimainkan oleh para gamer PC pada saat masa jayanya disekitar tahun 2006 hingga 2010. Tentu saja, kepopuleran tersebut membawa “nama” besar Seal Online hingga saat ini. Saat ini, Seal Online sendiri sudah ditutup di Indonesia dan hanya tersedia versi server global.

Ingin mencicipi versi mobilenya? Kamu bisa mencicipi Seal New World yang sudah tersedia. Namun jangan terlalu berharap kalau game tersebut mirip seperti versi PC. Game tersebut sangat berbeda, hanya saja nuansa Seal Online yang dimilikinya masih cukup terasa.

Nah, itulah MMORPG PC lawas yang saat ini sudah tersedia di mobile. Walaupun kebanyakan yang Bonus288 sebutkan diatas tidak sepenuhnya mirip dengan versi PC, setidaknya beberapa game tersebut mungkin bisa kembali membuat gamers bonus288 nostalgia ketika memainkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: