SEXY BANGET! YOYO LUMI, Kompetitor VTuber Baru Asal China

Virtual Youtuber atau yang biasa disingkat VTuber adalah kumpulan kreator yang mulai menjadi idola dari banyak kalangan, termasuk gamers bonus288. Selain karena sosoknya yang digambarkan sebagai karakter animasi 3D yang pasti disukai oleh banyak fans anime dan sejenisnya, VTuber juga memiliki tingkat kesuksesan lebih tinggi dibanding kreator biasa karena pembawaannya yang lebih menarik sebagai entertainer di dunia maya.

Meskipun begitu, terkadang ada satu kekurangan besar yang bisa kamu perhatikan dari VTuber yaitu dari teknologi animasi 3D-nya yang masih belum bisa disebut sempurna. Bahkan sosok VTuber paling populer seperti Kizuna Ai pun memiliki model karakter 3D dengan pergerakan yang masih terasa kaku dan kurang natural. Seolah ingin menjawab tantangan ini, N0va Desktop yang merupakan studio animasi asal China belum lama ini memperkenalkan sosok VTuber ciptaan mereka sendiri yaitu Yoyo Lumi.

Yoyo Lumi sendiri adalah VTuber yang baru muncul di YouTube pada bulan Mei lalu, namun tidak ada banyak orang yang mengetahui eksistensi channelnya. Sejauh ini Yoyo Lumi hanya dipresentasikan sebagai model karakter 3D yang melakukan ragam aktivitas kecil seperti menari dan lain sebagainya.

Sepertinya pihak N0va Desktop ingin menyempurnakan teknologi 3D dan menampilkan progress lewat beragam video dari Yoyo Lumi tersebut. Karena diberi label sebagai seorang VTuber, ada kemungkinan kalau Yoyo Lumi nantinya akan memulai debut aslinya sebagai kreator dan siap masuk dalam ranah persaingan dengan VTuvber lain. Satu perbedaan yang paling mencolok bisa gamers bonus288 lihat dari sosoknya, dimana Yoyo Lumi memiliki model karakter 3D yang lebih dipoles dengan gerakan animasi karakter yang sangat natural berkat motion capture.

Apapun teknologi yang sedang disempurnakan oleh N0va Desktop, akan sangat menarik tentunya untuk melihat jika VTuber di masa mendatang akan memiliki sosok yang setara atau bahkan lebih rupawan dari Yoyo Lumi.

“Sesuatu yang baru dan menarik” adalah cara yang tepat untuk menggambarkannya, karena Yoyo Lumi terlihat sangat bersemangat dibandingkan dengan setiap VTuber. Tidak hanya gerakannya sendiri, tapi cara rambut dan pakaiannya juga bergerak sangat menakjubkan. Semuanya terlihat lucu dan keren. Kami juga mencatat anime cenderung bergoyang fisika hadir. N0va Desktop pasti terbuat dari otaku yang luas.

Virtual YouTubers memasuki boom di popularitas di seluruh dunia, di Jepang dan Asia khususnya, dengan Kizuna Ai pada 2016. Namun, konsep itu sendiri telah ada selama lebih dari satu dekade dan tidak terlalu inovatif. Secara khusus, banyak penggemar anime atau Vocaloid di Niconico membuat konten YouTuber Virtual selama lebih dari satu dekade sekarang, terutama menggunakan program animasi freeware Miku Miku Dance.

Banyak VTubers yang menggunakan MMD, atau sebagian program terinspirasi dari itu. Live2D adalah pilihan populer. Faktor umum dengan semua ini adalah bagaimana animasi tidak lancar tetapi agak cepat dan tiba-tiba. Sebagian besar VTubers memiliki gerakan yang sangat kering, termasuk mereka yang memiliki sumber daya untuk menangkap gerakan. Sementara itu, gerakan Yoyo Lumi selalu sangat halus dan lancar.

Membuat animasi VTuber yang lancar membutuhkan banyak waktu dan sumber daya. Kembali ketika booming dimulai, seiyuu populer Tomokazu Sugita disebutkan di radio menunjukkan bagaimana beberapa perusahaan memulai Vtubers tetapi meremehkan pekerjaan yang tersirat.

Dengan Yoyo Lumi, N0va Desktop mengadopsi strategi inovatif: fokus ekstrem pada kualitas daripada kuantitas. Hanya 6 video yang telah diterbitkan sejauh ini, dengan sekitar satu video setiap dua minggu. Selain itu, setiap video hanya sekitar lima belas detik, mengikuti format aplikasi mata-mata tertentu, bukan konten VTuber biasa. Namun, ini bekerja dengan sangat baik, dan saya telah mendapati diri saya menunggu video berikutnya selama beberapa minggu sekarang.

Video Yoyo Lumi pertama kali dipublikasikan di situs Cina blibili dan kemudian, YouTube dengan bahasa Inggris.

Melihat betapa cantiknya Lumi, tetapi betapa dia tidak terlalu populer, banyak yang mencuri video untuk mengiklankan game dan karya mereka sendiri. Menembus melalui YouTube dan platform sosial secara umum bisa sangat sulit, dan seringkali semua tergantung pada keberuntungan. Plagiarisme adalah masalah berulang yang dihadapi Lumi, dan para penggemar perselisihan Lumi telah mengatur untuk melaporkan kasus-kasus ini.

Bahkan, salah satu video Lumi memiliki N0va Desktop yang secara langsung menangani masalah ini, dengan cara yang lucu:

Tulisan pada pakaian Lumi juga menyebutkan “Virtual Actress Number 0”, yang sepertinya mengisyaratkan bahwa N0va Desktop akan memperkenalkan lebih banyak karakter di kemudian hari.

Secara pribadi, ada beberapa VTubers yang saya nikmati seperti Kaguya Luna yang dirancang oleh Mika Pikazo, tapi sejujurnya bonus tidak pernah berharap untuk secara langsung menulis tentang VTuber suatu hari nanti. Saya tidak terlalu suka seberapa besar tren di Jepang. Dengan bagaimana setiap studio sekarang merasa terpaksa mengalokasikan waktu dan uang untuk membuat VTuber dari karakter mereka dan tetap tenang dengan audiens yang lebih muda. Bahkan Type-Moon melakukannya sekarang dengan Rin. Saya percaya ini bisa berubah menjadi masalah nyata bagi pengembang Jepang dalam jangka panjang. Faktanya, dua tahun yang lalu, Ichirou Sugiyama, yang dikenal dengan LoveR, KimiKiss, Photo Kano , dll, menyebutkan bahwa dia benar-benar berderak untuk membuat Vtuber LoveR, Magical Yumina.

Ini juga mengkhawatirkan bagaimana banyak perusahaan besar bergabung dengan adegan VTubing sekarang, mengubahnya menjadi bisnis besar. Tren memprioritaskan tidak pernah mengkreditkan seiyuu di balik suara YouTuber virtual, untuk bertindak seolah-olah karakternya nyata. Butuh waktu empat tahun bagi orang-orang di belakang Kizuna Ai untuk secara resmi mengumumkan seiyuu aslinya adalah Kasuga Nozomi. Sistem “tanpa kredit” ini dapat membuka jalan menuju eksploitasi dan sejumlah besar masalah dalam jangka panjang.

Bagaimanapun, bonus288 pasti berharap N0va Desktop dan Lumi yang terbaik, dan berharap bagaimana proyek ini akan berubah seiring waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: