BAHAYA! Uninstall Game dan Aplikasi Virus berikut SEKARANG!

Saat ini, bermain mobile game di smartphone semakin diminati berbagai kalangan umur. Semua umur, dari muda hingga orang tua yang memiliki smartphone sebagian besar memiliki kecenderungan untuk bermain game, baik itu secara serius ataupun casual.

Akan tetapi, ada baiknya untuk tidak sembarangan menginstall game ke platform Android atau iOS kamu. Kenapa? Baru-baru ini, tim riset keamanan bonus288 dari Avast mendapati sebuah trojan virus bersembunyi di dalam 47 Mobile Game yang terpajang di Google Play Store.

Dikutip dari laporan Avast yang dipublikasikan pada Jumat (26/6/2020), ke-47 mobile game itu menyembunyikan sebuah trojan yang bernama HiddenAds.

Dijelaskan Avast, trojan ini akan menyamarkan bonus288 diri mereka sebagai aplikasi atau game yang aman dan berguna.

Namun, sebenarnya menginfeksi perangkat dengan berbagai macam iklan yang mengganggu meskipun tidak sedang di dalam atau bermain gim di perangkat Android.

Sudah di download 15 juta kali

Lebih lanjut, Avast juga menekankan bahaya game – game itu dapat menyembunyikan bonus288 ikon mereka di perangkat yang terinfeksi dan selalu menampilkan iklan.

Hal ini akan terus terjadi meskipun pengguna sudah meng-uninstall game dari perangkat. Berdasarkan laporan, total game berbahaya itu sudah didownload lebih dari 15 juta kali.

Avast sendiri sudah melaporkan temuan mereka ke pihak Google, namun hingga saat ini beberapa gim yang dimaksud masih tersedia di Play Store, contohnya seperti yang disebutkan bonus288 berikut:

Adapun ke-47 judul game yang menyembunyikan trojan berbahaya itu adalah

Draw Color by Number

Skate Board – New

Find Hidden Differences

Shoot Master

Spot Hidden Differences

Dancing Run – Color Ball Run

Find 5 Differences

Joy Woodworker

Throw Master

Throw into Space

Divide it – Cut & Slice Game

Tony Shoot – NEW

Assassin Legend

Stacking Guys

Save Your Boy

Assassin Hunter 2020

Stealing RunFly Skater 2020

Disc Go

Selain virus Trojan, Bonus288 juga meminta pengguna Android menghapus 11 aplikasi berbahaya yang mungkin sudah diinstal di perangkat kalian, karena para peneliti keamanan dari Check Point yang belum lama ini menemukan 11 aplikasi yang bisa menginfeksi smartphone dengan malware Joker.

Apa itu Malware Joker? Malware Joker merupakan salah satu jenis malware menonjol yang membuat smartphone kalian menginstall program – program aneh di Android kalian.

“Malware ini terus berupaya menemukan jalannya ke toko aplikasi resmi Google karena kodenya terus berubah. Dengan begitu, malware ini mampu melewati keamanan Play Store dan pemeriksaan keamanan,” kata peneliti keamanan Check Point Aviran Hazum.

Menurut peneliti, para aktor di balik malware Joker ini mengadopsi teknik lama dari ancaman PC ke mobile untuk deteksi dari pihak Google.

Malware Joker disebut-sebut berupaya membuat pengguna berlangganan ke versi premium aplikasi tertentu tanpa sepengetahuan mereka.

Untuk melancarkan tujuannya, Joker menggunakan bonus288 dua komponen utama, yakni Notification Listener yang merupakan bagian dari aplikasi asli. Komponen lain adalah dex file yang di-load dari server C&C, tujuannya untuk melakukan registrasi pengguna ke layanan.

Agar tidak ketahuan, penjahat siber menyembunyikan file dex di dalam aplikasi, sebagai string yang disandikan Base64 dan siap diterjemahkan.

Lebih lanjut disebutkan pula bahwa malware Joker bersembunyi di 11 aplikasi berbahaya. Seperti disebutkan, Joker pun akan membuat pengguna smartphone berlangganan ke layanan premium tanpa pengetahuan atau persetujuan dari mereka.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang kalian harus uninstall sekarang juga supaya aman dari malware joker:

1. com.imagecompress.android

2. com.contact.withme.texts

3. com.hmvoice.friendsms

4. com.relax.relaxation.androidsms

5. com.cheery.message.sendsms

6. com.cheery.message.sendsms

7. com.peason.lovinglovemessage

8. com.file.recovefiles

9. com.LPlocker.lockapps

10. com.remidme.alram

11. com.training.memorygame

Semoga kalian lebih berhati-hati untuk menginstall aplikasi mulai dari sekarang ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: