Inilah Cara Atasi Flashdisk Yang Minta Format

Flashdisk merupakan barang yang berfungsi sebagai media penyimpanan data yang efektif. Bentuknya yang kompatible sehingga memudahkan Kamu untuk dibawa ke mana-mana.

Selain itu pula flashdisk juga sangat berfungsi menjadi backup file atau penyimpanan data sementara.Namu kamu harus tetap hati-hati ya karena jangan menyimpan file yang penting di flashdisk karena akan merepotkan bila flashdisk hilang atau rusak.

Dan lagi flashdisk sering pula eror malah membuat pusing saja. Contohnya saat tiba-tiba minta format saat terhubung ke PC dimana hal tersebut akan menghilangkan data yang ada di dalamnya.

Jika tidak ingin data kamu hilang terhapus, Kamu bisa membaca  artikel berikut bagaimana cara mengatasi flashdisk yang minta format sendiri.

1. Connect Flashdisk ke Port USB Lainnya

PC dan laptop memiliki kemampuan dalam mendeteksi perangkat USB yang ditentukan oleh driver. Driver merupakan sekumpulan file yang diinstal agar sistem operasi mampu membaca dan mendeteksi adanya perangkat keras atau hardware seperti card reader, modem, juga USB flashdisk.

Bisa jadi saat flashdisk minta diformat karena ada kesalahan instalasi drivernya.  Dan mungkin bisa menyebabkan salah satu port USB  tidak mendeteksi perangkat flashdisk tersebut.

Oleh karenany, coba untuk ganti posisi flashdisk ke port USB lain.

2. Lakukan Restart PC

Jika flashdisk dicolokkan pada PC yang sudah lama tidak dimatikan, bisa jadi terdapat eror yang menyulitkan PC untuk mengenali flashdisk dengan baik.

PC yang telah dipakai seharian tanpa henti bisa jadi mengandung banyak file-file sementara yang tidak diperlukan dan menghambat kinerja. Saat di-restart, file-file ini akan hilang dari RAM dan PC pun bisa menyala kembali dengan keadaan yang “fresh” – mungkin cara ini bisa membuat flashdisk Anda terdeteksi dengan normal.

3. Colokkan Flashdisk ke PC Lain

cara-mengatasi-flashdisk-minta-format-pc-lain

PC yang berbeda tentu memiliki kondisi yang berbeda pula. Tidak jarang dua komputer dengan sistem operasi serupa memiliki kecepatan dan kemampuan yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh jenis dan jumlah aplikasi yang terinstal serta seberapa sering dilakukan perawatan Windows Registry.

Jadi, bukan tidak mungkin PC lain dapat mendeteksi flashdisk Anda dengan normal. Jika berhasil, Anda bisa langsung melakukan backup pada file penting. Tandanya, masalah terletak pada komputer Anda.

4. Lakukan Pengecekkan Flashdisk Melalui CMD

cmd

Ada lagi cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flashdisk minta format, meski agak sulit bagi orang yang tidak terbiasa mengoperasikan Command Prompt. Anda bisa menggunakan perintah chkdsk untuk mengecek integritas pada file system flashdisk dan memperbaiki beberapa kerusakan.

Bukalah Command Prompt melalui kolom pencarian Windows pada kiri bawah. Ketikkan “cmd” dan pilih menu Run as administrator. Kemudian, ketikkan “chkdsk d:/f” pada Command Prompt. Jangan lupa ganti huruf “d” tadi dengan partisi flashdisk yang bermasalah. Lalu, tekan Enter dan tunggu sampai proses pengecekan berhasil.

5. Gunakan Aplikasi Pengambilan Data

aplikasi-recovery-data

Jika cara-cara di atas masih belum bisa memperbaiki flashdisk yang minta format, setidaknya Anda bisa mencoba untuk menyelamatkan data-data di dalamnya sebelum melakukan format.

Anda bisa menggunakan aplikasi ketiga seperti MiniTool Power Data Recovery yang mampu mengambil file di flashdisk yang file systemnya terdeteksi sebagai RAW.

Menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, kunjungi laman MiniTool (www.minitool.com) kemudian klik pada menu Download. Kemudian, scroll ke bawah sampai menemukan bagian MiniTool Data Recovery.

Pilihlah Power Data Recovery 8.7 Free – aplikasi ini sudah full version dan gratis. Tapi fiturnya cukup terbatas yakni hanya bisa menyelamatkan file dengan ukuran paling besar 1 GB. Cocok untuk Anda yang hanya ingin mengambil data penting seperti dokumen pekerjaan atau skripsi.

Buka file instalasi tersebut dan ikuti instruksi pada layar hingga selesai. Proses instalasi akan mendownload file tambahan yang tidak begitu besar. Jika sudah terinstal, klik tombol Start Now.

Pada jendela yang terbuka, pilihlah menu Removable Disk dan pilihlah nama flashdisk Anda. Kemudian klik tombol Scan. Tunggu sampai aplikasi ini mendeteksi file-file yang ingin Anda selamatkan, lakukan select pada file tersebut dan klik tombol Save – simpan file pada lokasi yang aman. Begitu data penting sudah aman barulah Anda bisa lakukan format pada flashdisk.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi flashdisk minta format. Untuk ke depannya, disarankan lebih berhati-hati dalam memperlakukan flashdisk.

Selalu lakukan safely remove hardware, tunggu sampai proses copy selesai sebelum dicabut, hanya download aplikasi dari sumber terpercaya, dan sebagainya. Lalu, buatlah backup pada file penting dengan menguploadnya ke media penyimpanan berbasis awan seperti Google Drive dan MEGA.

Oh iya, selain tip soal flashdisk, kami juga punya beberapa rekomendasi flashdisk yang bagus, silakan cek artikel 10 Merk Flashdisk Terbaik dan Paling Bagus saat ini.

Topik Terkait:

Tips Trik

Flashdisk

Artikel Terkait

Corsair Flash Voyager® GTX

10 Merk Flashdisk Terbaik dan Paling Bagus di Tahun 2020

Cabut – Pasang Kembali USB

10 Cara Mengatasi USB Not Recognized yang Paling Mudah

5 Cara Membersihkan Flashdisk dari Virus dengan Mudah

cara memperbaiki flashdisk yang rusak

7 Cara Mengatasi Flash Disk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

Samsung Duo Plus

10 Merk Flashdisk OTG Terbaik untuk Android dan iOS 2020

USB HUB yang bagus tp link UH720 (Copy)

10 Rekomendasi Merk USB Hub yang Bagus dan Berkualitas 2020

recover my files

10 Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Flashdisk

Lexar JumpDrive P10 merk flashdisk terbaik

Ini Dia Berbagai Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Micro USB Tipe A

Ini Dia 8 Jenis USB dari Versi Pertama hingga Saat ini

Baca Juga

Ananda Ganesha Maaruf

Ananda Ganesha Maaruf

Saya senang menulis topik yang berkaitan dengan gadget, game, dan teknologi. Saya mulai menyenangi kegiatan menulis semenjak bangku SMP dan berlanjut hingga kuliah sebagai salah satu anggota UKM Jurnalisme. Selain menulis, saya juga senang mengisi kegiatan dengan mempelajari SEO dan digital marketing secara otodidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

Nama *

Email *

Search

Cari…

Smartphone Terbaru

Honor 8S 2020

Honor 8S 2020

ZTE Axon 11 4G

ZTE Axon 11 4G

Honor Play4 Pro

Honor Play4 Pro

Realme C11

Realme C11

Huawei P Smart S

Huawei P Smart S

HTC Desire 20 Pro

HTC Desire 20 Pro

Smartphone Lainnya

Ikuti Kami

Facebook

Twitter

Instagram

Youtube

Pinterest

Like

Follow

Follow

Subscribe

Follow

Artikel Terbaru

10 Aplikasi Download Video untuk PC yang Gratis & Ringan

huawei p40 pro plus penta camera

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei P40 Pro+

Bukuwarung1

Aplikasi Pembukuan BukuWarung Bikin Usaha Jadi Maju

Realme C11, Smartphone Sejutaan yang Unggul di Kelasnya

layar redmi note 9 pro (2)

Ketahuilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro Ini!

AniMe Matrix

Kelebihan Laptop ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401), Powerful dan Stylish!

kamera redmi note 9

Yuk, Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9!

Inilah Perbedaan antara Headphone, Headset, dan Earphone

whatsap web chat

Cara Menyadap WA Memakai Whatsapp Web di HP dan PC

layar huawei p40

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei P40 Ini!

Tentang Kami

Hubungi Kami

Iklan dan Kerjasama

Kebijakan Privasi

Disclaimer

Sitemap

play store

Facebook-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: