Ubah Kartu MicroSD Jadi Memori Internal, Emang Bisa ?

Saat ini Banyak aplikasi serta fitur multimedia yang dapat diinstall free di Google Play Store sehingga membuat perangakat smartphone membutuhkan suatu ruang penyimpanan yang lebih besarlagi .

Walapun sekarang hampir kebanyakan smartphone telah memiliki memori internal yang besar diantara 4 sampai 8 GB untuk entry level, tapi banyak juga yang merasa masih saja kekurangan ruang penyimpanan.

Ada juga tambahan Slot berupa kartu MicroSD itu pun jadi opsi untuk tambahan kapasitas penyimpanan Tapi apakah bisa dijadikan memori internal?

Kenapa memori internal sangatlah penting?  Dalam settingan awal sebuah smartphone biasanya akan menjadikan memori internal itu sebagai penyimpanan utama. Bila Kamu akan mendownload aplikasi atau game dalam jumlah yang banyak, maka secara otomatis memori internal kamu tidak akan cukup. Dan juga memori internal yang  terlalu penuh juga akan menghambat kecepatan dari  kerja smartphone.

Sebagai suatu solusi, Kamu dapat menjadikan kartu MicroSD kamu sebagai media penyimpanan utama di samartphone tersebut. Sebetulnya setiap jenis smartphone memiliki kemampuan yang berbeda beda, Ada beberapa smartphone yang dapat menggunakan MicroSD sampai kapasitas 64 GB bahkan lebih, Jadi harus dilihar juga kemampuan smarthphone sebelum mengubahnya, Lalu bagaimana caranya mengubah memory Eksternal jadi memory utama berikut ulasannya guys.

Langkah Saat Pertama Memasukkan Kartu MicroSD

Saat Kamu membeli sebuah smartphone yang masih baru pasti kamu akan memasukkan kartu MicroSD ke dalam smarthpone, maka akan muncul sebuah pilihan Settingan dimana terdapat pilihanKamu bisa membuatnya menjadi memori internal sebagai default setting, lalu ikuti langkah selanjutnya sebagai berikut.

  1. Saat baru dimasukkan smartphone pasti akan ada pemberitahuan notifikasi jika ada kartu memori yang baru
  2. Pilih ‘Set Up’ atau ‘Eject’. Pilih Set Up
  3. pilih ‘Use as Internal Memory‘
  4. Setelah itu ikuti prosesnya klik next dan next hingga selesai
  5. Done!

Mengubah Memory Eksternal Langsung

berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan jika sebelumnya Kamu sudah menggunakan memori internal sebagai default penyimpanan lalu kamu ingin mengubahnya ke MicroSD. Berikut caranya :

  1. Back up dahulu seluruh data yang ada di MicroSD, pindahkan ke Laptop atau Flashdisk
  2. Buka Settings > Storage & USB > SD Card
  3. Klik pilihan ikon tiga dot yang ada di bagian kanan atas layar
  4. pilih ‘Settings’
  5. pilih “Format as Internal”
  6. Lalu muncul notifikasi berisi peringatan SD card akan diformat untuk membuatnya aman digunakan. SD card hanya akan bekerja di smartphone  saat ini dan tidak bisa digunakan pada smartphone lain
  7. Pilih OK, pilih ‘Erase & Format’ dan klik OK
  8. Done!

Masalah kartu memory microSD yang hanya bisa digunakan di smartphone Kamu hal disebabkan telah terenskripsi untuk menjaga keamanan Android.

Jadi jika suatu saat ingin menggunakan kartu tersebut ke smartphone lain atau Laptop pakai cara apapun, kartu tersebut tidak dapat terdeteksi. Hal ini dilakukan untuk menjaga sekuritas dari smartphone Android tersebut.

Nah itu tadi sedikit tips dari bonus288 untuk kamu yang ingin menambah kapasita memori internal smarthphone tanpa harus ganti perangkat yang baru. Sebagai  tips tambahan guys, kalau ingin menggunakan memory microSD sebagai memory internal ada baiknya untuk menggunakan yang kualitasnya bagus guys, jangan sampai malah merusak kinerja smartphone tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: