Masalah Kesehatan di Dalam Dunia Esports

Bonus288 akan menelisik problem kesehatan di dunia gamer, pelatih timnas Mobile Legend yaitu Jeremy Yulianto mantan pelatih tim Bigetron, dikutip dari salah satu media dalam negeri,telah angkat bicara mengenai kematian Minky salah satu atlet asal vietnam.

Bahwa menurutnya penyebab dari meninggalnya Minky adalah berkaitan erat dengan gaya hidupnya yang tidak baik sebagai seorang gamer pro.

Lalu timbul suatu pertanyaan besar. Apakah karier atlet esports dapat berdampak buruk terhadap kesehatan atlet? Dan bagaimana peran manajemen tim untuk memperhatikan hal kesehatan para pemainnya, degan tuntutan berperforma bagus?

Kesehatan dalam dunia Game Esports

Esport saat ini adalah industri baru yang kini dilirik oleh para pengusaha. Game menjadi perhatian divisi bagian kesehatan PBB atau World Health Organization (WHO) yang telah memasukkan kecanduan game merupakan salah satu dari daftar penyakit. Kecanduan game menurut WHO adalah suatu perilaku bermain game yang dilakukan tidak wajar secara terus-menerus.

Bagaimana dengan atlet esports? atlet esports akan dituntut untuk berlatih bermain game mungkin hampir setiap hari. Mereka juga harus menguasai game dengantensi kompetisi yang ketat.

Seperti atlet olahraga lainnya, para atlet esports tentu harus memiliki kekuatan fisik dan mental yang baik.

Perhatian Tim Esports untuk Para Atlet

Nama besar tim esports tidak pernah lepas dari kontribusi para atletnya. Lalu apakah tim yang digawangi mereka memberikan timbal balik yang sepadan?

Ternyata,dari berbagai sumber terpercaya bahwa banyak tim tim besar Indonesia telah memberikan pelayanan kesehatan yang sangat bagus.

Contohnya seperti tim ONIC Esports. Chandra Wijaya sebagai Managing Director memberi keterangan bahwa manajemen telah memiliki aturan yang  ketat. Misalnya penentuan jam tidur, lalu pemilihan asupan gizi para atlet, serta kegiatan olahraga yang harus dilakukan.

Kesehatan Mental

Selain kesehatan fisik, para atlet esports juga perlu menjaga kesehatan mental. Apalagi melihat ketatnya  persaingan di sini. Dunia esports begitu kompetitif pasti membuat mental para atlet menjadi naik turun.

Bahkan, manajemen tim ONIC Esports telah meniru kebijakan tim Astralis. Untuk menjaga kestabilan mental para atlet yaitu dengan menyewa psikolog.

Memang sangat penting buat tim untuk selalu menjaga kesehatan mental para atletnya. Karena, hal ini berpengaruh besar untuk performa para atlet saat sedang bertanding.

Pihak Ketiga

Dari awal, kita membahas mengenai kepedulian pihak tim secara internal untuk menjaga kesehatan fisik dan mental atlet.

 Akan tetapi ada pihak ketiga yang seharusnya turut memperhatikan hal ini. Yaitu penyelenggara kompetisi, apakah pihak penyelenggara juga melakukan test fit and proper test terhadap pemain saat bertanding?

Karena layaknya olah raga lainnya. Dimana penyelenggara juga akan menjamin kesehatan saat dalam turnament, atau terdapat asuransi bila terjadi sesuatu terhadap para atlet. Minimal terdapat standar kesehatan sebelum pemain akan ikut pertandingan.

Itu tadi guys problematika saat ini didalam dunia esport. Tentu game bonus288 sangat mendukung berkembangnya dunia esport Indonesia, dan potensi atlet anak bangsa memang sangatlah tinggi saat ini.

Dan dukungan dari pemerintah adalah hal yang paling diutamakan untuk perkembangan industri esport tanah air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: