Apakah Keseringan Bermain Game Dapat Ganggu Kesehatan ?

Bonus288 kali ini akan membahas kesehatan dan bermain game, saat kamu merasa penat atau di waktu senggang memang sangat menyenangkan bila bermain game.

Namun, apakah kamu sudah tahu kalau kamu bermain game tanpa lihat waktu bias juga berefek tidak baik pada kondisi kesehatan fisik dan mental kamu?

Dikuti dari halaman resmi Kementrian Kesehatan ,kalau keseringan bermain game disebut bisa mengakibatkan adiksi namun juga bisa menimbulkan berbagai keluhan fisik, perubahan struktur fisik juga fungsi otak.

Apa saja ya efek negatif bila bermain game secara berlebihan, berikut beberapa efek kesehatan yang dirangkum oleh game bonus288.

Kecanduan

Salah satu efek kesehatan negatif utama yang ditemukan pada beberapa anak kecil dan remaja yang terlalu sering bermain video game adalah masalah kecanduan.

Banyak sekali studi uji klinis yang menunjukkan kalau obsesi yang timbul akibat terlalu banyak bermain game tanpa memperhatikan waktu sama dengan penyalahgunaan minuman keras juga narkoba.

Suatu efek dari kecanduan ini terlihat dari kurangnya fokus pada kegiatan keseharian lainnya,atau murid yang kurangnya perhatian di sekolah, dan suatu pemikiran tentang permainan secara konstan terus menerus.

Bahkan menurut Organiasi Kesehatan Dunia atau WHO sudah menetapkan kecanduan game merupakan suatu jenis penyakit gangguan mental atau sering disebut dengan mental disorder.

Beberapa studi kasus juga memberikan informasi bahwa kecanduan game bias juga timbul dibarengi permasalahan mental lainnya, seperti stres, atau depresi.

Merusak Penglihatan

Terlalu sering bermain game juga bisa berpengaruh terhadap risiko masalah kesehatan terutama pada organ mata, atau penyebab penurunan penglihatan.

Memang mata manusia tidak akan mempunyai proteksi yang cukup terhadap suatu paparan sinar biru, baik  berasal dari sinar matahari ataupun suatu peralatan elektronik.

Riset Harvard juga telah membuktikan kalau sinar biru diidentifikasikan menjadi sinar yang sangat berbahaya bagi retina mata.

Karena setelah sinar biru menembus luar bagian mata, sinar biru tersebut akan menuju bagian terdalam dari mata, atau menuju langsung ke retina mata, dan bisa menyebabkan efek jangka panjang yaitu berupa kerusakan retina mata.

Selain dari itu paparan dari sinar biru yang berlebihan juga dapat menyebabkan meningkatnya risiko degenerasi macula serta penyakit retina degeneratif yang dapat menimbulkan efek kebutaan bila semakin parah.

Obesitas

Terlalu banyak bermain game juga membuat kita menjadi malas untuk bergerak. Karena, hanya mata dan tangan saja yang bergerak saat bermain game. Sementara bagian tubuh yang lainnya hanya minim gerakan bahkan diam.

Jika kebiasaan ini dilakukan secara berkelanjutan, tentu akan menimbulkan efek terhadap obesitas. Beberapa pecandu game bahkan juga sering menerapkan pola makan yang tidak baik. Tentunya, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan tersendiri.

Sindrom Quervain

Apa sih sindrom quervan itu,sindrom quervain adalah kelainan yang berakibat pada peradangan tendon. Sehingga, ibu jari atau pergelangan tangan akan terasa sakit.

Sindrom ini penyebabnya adalah aktivitas yang berfokus pada suatu gerakan tangan yang berulang, salah satunya adalah keseringan bermain game.

Rasa sakit itu biasanya akan muncul ketika memegang atau segang mencubit sesuatu. Rasa sakit dapat makin parah ketika mencoba untuk menggerakan ibu jari  atau saat menggerakkan pergelangan tangan kamu. Bahakan dalam beberapa kasus, sakit bias dirasakan menjalar ke lengan tangan.

Jadi ada baiknya untuk bijak dalam bermain game ya guys.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: