Flashback Perkembangan Game di Indonesia

Pada kali ini bonus288game akan sedikit flashback bagaimana perkembangan game di Indonesia, semoga bisa mengingat kenangan yang dulu ya guys.

Menurut pengamat game Atari merupakan konsol game pertama yang diciptakan pada tahun 1972 oleh developer asal California di Amerika Serikat.

Sebenarnya video game pertama bukanlah datang dari Atari, beberapa bulan sebelumnya pada tahun yang sama, Magnavox Odyssey telah meluncurkan konsol game juga. Sayangnya tidak terlalu booming dan banyak orang berpikir bahwa yang pertama adalah Atari.

Permainan yang paling umum dan sering dimainkan adalah game Pac Man. ada juga permainan yang bisa dimainkan dua player mirip dengan permainan Galaxy Invaders di smartphone Android, namun tampilannya lebih sederhana.

Beberapa tahun kemudian, Muncul sebuah konsol yang tidak kalah seru yaitu Nintendo dan SEGA Lalu muncullah Sony PlayStation (PS) dengan grafik yang lebih jelas.

Konsol Nintendo pada saat itu sangat terkenal dengan Game mario bros, dan tentunya menjadi sangat melegenda hingga sekarang.

Bahkan serial movie dari game mario bros juga sempat dibuat, Lalu tak selang lama muncullah kompetitor baru yaitu konsol SEGA.

Konsol yang satu ini bisa dibilang menjadi favorit pada saat itu, bahkan banyak sekali yang bertukar pinjam kaset atau menyewakan kaset dari permainan game SEGA.

Konsol game SEGA banyak di dominasi oleh petualangan yang seru, bahakan sampai sekarang banyak game yang dirilis ulang versi konsol terbaru, seperti game Sonic, Dragon Ball, Mortal Kombat dan masih banyak lagi.

Selanjutnya adalah Playstation atau PS one, ini dia konsol exclusive yang bisa dibilang hanya kejangkau oleh kaum atas saja.

Harganya yang sangat mahal membuat konsol ini sangat susah dimiliki, namun konsol ini memberikan grafis  tiga dimensi yang tampak lebih nyata pada saat itu.

Itulah sebabnya muncul sebuah usaha untuk penyewaan konsol ini, atau sering disebut dengan rental playstation, nah siapa yang pernah menjalankan usaha ini.

Playstation bisa dibilang konsol paling awet dan terlaris di Indonesia, game playstation sendiri sudah meluncurkan versi sampai dengan saat ini yaitu Playstation 4.

Playstation one bisa dibilang sebagai penggebrak dunia game, kontroversi dari kehadiran game ini sangatlah tinggi di Indonesia.

Bagaimana tidak, menjamurnya rental playstation menjadi momok orang tua pada saat itu, pasti kamu yang lahir diera 90an merasakan hal tersebut.

Orang tua kamu pasti selalu marah marah bila sering main ke tempat rental playstation. Bahkan kehadiran rental playstation sering menggangu ketenangan warga.

Ya mungkin karena orang tua pada jaman itu kan belum siap dengan adanya perubahan teknologi, namun seiring berkembangnya jaman, kehadiran playstation sangat diterima oleh masyarakat saat ini.

Bahkan me time dengan keluarga bisa dilakukan dengan bermain playstation lho. Konsol playstation memang yang paling awet, saat ini saja walaupun telah hadir kompetitor seperti X-Box playstation tetap pilihan utama masyarakat Indonesia.

Namun saat ini Playstation bertemu dengan rival yang kuat dengan kehadiran dari Game PC dan smarthphone.

Smarthphone saat ini bisa menjadi pesaing terkuat dari konsol playstation, fleksibilitas dari smartphone serta kemampuan bermain online menjadi sebuah tantangan baru buat para konsol game.

Nah, menurut kamu gimana nih guys, apakah smartphone bisa menggilas para game konsol ? atau sebalikanya konsol tetap bisa bertahan.

Apapun itu sebenarnya sih setiap konsol ataupun smartphone mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing ya. Semua tergantung trend dan selera para gamer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: