5 Kasus Cheat Game Yang Terbesar Dalam Sejarah

Halo teman-teman, sebelumnya bonus288 sudah menghadirkan bagian pertama dalam kasus cheater terbesar dalam sejarah esport, dan ini adalah bagian keduanya.

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, pada kesempatan kedua ini bonus288 juga akan membahas siapa saja pro player yang ketahuan menggunakan program ilegal. Tidak usah berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita bahas di bawah.

1 Hovik ‘KQLY’ Tovmassian

Kasus cheater terbesar terakhir datang dari atlet esport Counter-Strike: Global Offensive, Hovik ‘KQLY’ Tovmassian. KQLY ketahuan menggunakan program ilegal oleh sistem keamanan VAC (Valve Anti-Cheat) beberapa hari sebelum DreamHack Winter 2014 dilangsungkan.


Namun dalam akun Facebook-nya, KQLY mengatakan kalau ia hanya menggunakan program ilegal tersebut selama tujuh hari, dan sebelum bergabung dengan tim Titan.
Meski mencoba membela diri, KQLY tetap mendapatkan hukuman berupa ban dan membuatnya dipecat secara langsung dari tim Titan — termasuk tim Titan yang tidak bisa mengikuti turnamen DreamHack Winter 2014.

2. Stéphane ‘Shaiiko’ Lebleu

Di tahun 2017 ada kasus Rainbow Six Pro League yang dialami tim beGenius. Stéphane Lebleu atau yang dikenal dengan nama Shaiiko ketahuan menggunakan makro saat menghadapi Penta Sports.
Setelah ketahuan menggunakan makro, ESL pun selaku penyelenggara mencoba berbicara pada beGenius, akan tetapi mereka membantah tuduhan tersebut.

Meski begitu beGenius tetap mendapatkan penalti berupa didiskualifikasi dari Pro League serta Shaiiko yang dilarang untuk mengikuti kompetisi ESL selama dua tahun.


Inilah kasus yang pernah mengguncang dunia Fortnite selanjutnya, yakni aimbot dari Jarvis ‘FaZe’ Khattri.

Jarvis terkena ban seumur hidup setelah ketahuan menggunakan aimbot pada sebuah gameplay Fortnite yang diunggah ke channel YouTube-nya.

3. Jarvis ‘FaZe’ Khattr

Dalam pengakuannya, Jarvis mengatakan kalau hanya menggunakan cheat untuk sebuah konten hiburan, yang mana bermain dalam mode Playground dan Solo, bukan dalam kompetitif.


Meski Jarvis sudah membuat klarifikasi berupa video permintaan maaf, pihak Epic Games tetap tidak mengubah keputusannya dan memberikan pukulan keras kepada Jarvis ‘FaZe’ Khattri.

BACA JUGA : MAKIN JAGO DENGAN SENJATA P90, INI TIPS DAN TRIK DARI BONUS288

4. Nicholas ‘NickEh30’ Amyoony

Kasus selanjutnya datang dari streamer game Fortnite, Nicholas ‘NickEh30’ Amyoony. NickEh30 ketahuan melakukan cara curang saat sedang menghadiri Fortnite Streamer Bowl yakni sebuah event amal dengan total uang $500,000 atau setara Rp7,4 miliar.
Dalam event ini, NickEh30 berada satu tim dengan David Morgan, pemain dari Minnesota Vikings.

Nah, sesuai dengan peraturan, setiap tim diharuskan turun di dalam zona yang sudah ditentukan sebelumnya. Namun, NickEh30 dan Morgan ternyata turun di luar zona.

Pada saat babak berikutnya ingin berlangsung, NickEh30 dan Morgan ketahuan merencanakan hal tersebut kembali. Sayangnya, percakapan mereka dapat terdengar oleh para penonton. Dalam percakapan tersebut terdengar kalau NickEh30 tidak peduli dengan peraturan yang berlangsung, karena hanya akan mendapatkan “peringatan” saja.


Pembahasan kasus cheater terbesar pertama datang dari game League of Legends di musim kedua World Championship antara TSM melawan Azubu Frost. Salah satu pemain dari Azubu, Jang Gun-woong menggunakan cara yang curang untuk mengetahui lokasi para pemain dari TSM, yakni memanfaatkan layar besar penonton.

5. Jang Gun-woong

Cara ini tentu dianggap sangat licik dan semua anggota dari Azubu Frost bergerak berdasarkan informasi yang didapat dari Woong. Karena hal ini, tim Azubu Frost didenda sebesar $30,000 atau setara Rp444 juta oleh Riot Games.


Meski ketahuan menggunakan cara yang licik, Azubu Frost tetap berhak melaju ke babak selanjutnya setelah berhasil mengalahkan TSM dengan skor 2-0.


Nah itulah lima kasus cheater terbesar yang berada di kancah esport. Jangan lupa untuk follow akun media sosial bonus288 agar kamu nggak ketinggalan informasi seputar games menarik lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: