Mengapa God Of War Bisa Bertahan? Ini Rahasianya

God of War, pertama kali memulai debutnya sebagai franchise game action hack and slash pada tahun 2005 lalu, franchise ini terus berkembang dan mendapatkan popularitas tinggi dari pendekatan jalan cerita yang berhasil memperlihatkan potret brutal dari mitologi Yunani kuno.

Disini kita tidak hanya berbicara soal tema peperangan antar dewa Olympus, tapi juga sebuah kisah balas dendam Kratos yang selalu berakhir dramatis.

Berkat rilisnya sekuel terbaru sekaligus rebootnya yang hanya berjudul God of War, popularitas franchise ini kembali meningkat tajam dan mendatangkan lebih banyak fans pendatang baru dari sebelumnya.

Perjalanan Santa Monica sendiri tidak mudah, karena mereka terus berupaya untuk menghasilkan game-game berkualitas demi mempertahankan daya tarik dari franchise ini.

Untuk itu pada artikel special kali ini bonus288 sudah merangkum evolusi franachise God of War dari masa ke masa. Perlu diketahui juga kalau list ini hanya merangkum game-game utamanya yang dirlis di konsol PlayStation saja. Daripada penasaran, langsung saja simak rangkumannya di bawah ini.

GOD OF WAR (2005)

Inilah seri yang mengawali kisah perjalanan Kratos dan membawa nama besar franchise God of War hingga ke seluruh penjuru dunia. Penyampaian jalan cerita, mekanisme gameplay, dan kualitas grafisnya berhasil digarap dengan sangat baik untuk game di era PlayStation 2.

GOD OF WAR (2005) – bonus288

Tidak spesial memang, tapi pencapaian Santa Monica dan David Jaffe dalam memperkenalkan seri ini patut mendapat apresiasi tinggi. Sesi boss battle melawan Hydra di awal permainan juga termasuk salah satu momen paling epik yang pastinya sulit dilupakan para fans.

GOD OF WAR II (2007)

Sekuel original yang dirilis pada tahun 2007 ini mendapatkan respon positif dan membuat banyak sekali gamer takjub akan kualitasnya. Kita tidak hanya berbicara soal kualitas grafis saja, tapi presentasi dunia dan pertarungan boss yang penuh efek sinematik bahkan sudah bisa menyamai game PlayStation 3 di masanya.

GOD OF WAR II (2007) – bonus288

God of War II mengawali kisah pengkhianatan Zeus kepada Kratos karena telah mencabut posisinya sebagai dewa. Karena merasa terbuang, disinilah Kratos sudah mulai kehilangan sisi baiknya dan mulai terobsesi dengan ambisi balas dendam. Dia bahkan tidak peduli walau harus menempuh jalan penuh darah dan pengorbanan sekalipun.

GOD OF WAR: CHAINS OF OLYMPUS (2008)

Saat pertama kali dirilis untuk platform PSP di tahun 2008 lalu, seri ini cukup mengejutkan fans berkat kualitas grafisnya yang bahkan setara dengan PS2. Hadir sebagai prekuel dari seri pertamanya, God of War: Chains of Olympus menceritakan kisah perjalanan Kratos yang mencari dewa matahari, Helios.

GOD OF WAR: CHAINS OF OLYMPUS (2008)– bonus288

Sosok Kratos dalam game ini terlihat lebih manusiawi saat dipertemukan dengan putrinya, tapi kualitas jalan cerita yang lemah dan sesi permainan singkat menjadi kekurangan terbesar yang membuat game ini mudah dilupakan.

GOD OF WAR III (2010)

Mengambil latar waktu setelah peristiwa yang terjadi di God of war II, seri ketiganya ini menjadi kisah penutup dari ambisi balas dendam Kratos pada para dewa Olympus. Selain peningkatan kualitas grafis yang signifikan berkat pergantiannya ke konsol generasi baru PlayStation 3, God of War III dipenuhi dengan banyak sekali momen epik yang menunjukkan kekuatan Kratos di tingkatan terkuat.

GOD OF WAR III (2010) – bonus288

Mulai dari saat berhadapan dengan makhluk Poseidon di awal permainan, hingga pertempuran masif melawan raksasa agung Cronos yang sangat epik.

BACA JUGA : TIPS-TIPS UNTUK MENJADI YOUTUBER GAMING

GOD OF WAR: GHOST OF SPARTA (2010)

Hadir sebagai game yang menjembatani kisah God of War dan God of War II di PlayStation 2, Ghost of Sparta adalah seri kedua di platform PSP yang ternyata melebihi ekspektasi para fans. Kamu masih disuguhkan dengan sosok Kratos yang lebih manusiawi, dan tanggung jawab yang harus diembannya pada keluarga.

GOD OF WAR: GHOST OF SPARTA (2010) – bonus288

Mulai dari sosok ibu yang terpaksa harus dia bunuh hingga saudara kandung yang menjadi rekan terdekatnya dalam pertarungan, semua kepingan cerita masa lalunya ini membuat para fans semakin mengenal sosok sejati Kratos.

Sama seperti semua seri terdahulunya, Ghost of Sparta menawarkan mekanisme gameplay yang solid dan kualitas grafis fantastis untuk ukuran sebuah game PSP.

GOD OF WAR: ASCENSION (2013)

Hadir sebagai seri penutup dari kisah mitologi Yunani, God of War: Ascension sayangnya tidak berhasil merealisasikan segudang ide menarik yang menyelimuti jalan ceritanya.

Kamu juga bisa melihat kalau Santa Monica sudah mulai kehabisan ide untuk menggunakan mitologi Yunani sebagai fokus utama.

GOD OF WAR: ASCENSION (2013) – bonus288

Mekanisme gameplay memang masih solid, tapi semua momen yang didapatkan setelah memainkannya tidak terasa begitu spesial dibandingkan seri God of War lainnya.

GOD OF WAR (2018)

Sebelum game ini dirilis, kedudukan franchise God of War memang sangat kuat dan memiliki fanbase besar di banyak negara. Mengembangkan seri terbaru yang benar-benar berbeda dari segi konsep dan pendekatan gameplay, siapa sangka jika Santa Monica telah melahirkan sebuah mahakarya baru yang bahkan melebihi kualitas dari semua seri pendahulu God of War.

GOD OF WAR (2018) – bonus288

Mungkin sebagian fans veteran masih belum bisa menerima perubahan baru yang ditawarkan God of War dengan tema mitologi Yunani kuno ini, namun sebagian lainnya pasti akan menemukan sebuah pengalaman game action kelas atas di dalamnya.

Nah, itulah evolusi games franchise God of War dari masa ke masa. Jadi bagaimana impresi sobat bonus288 dengan franchise legendaris ini? dan mana seri yang paling sobat favoritkan? Jangan sungkan untuk berikan komentar sobat bonus288 pada kolom komentar di bawah ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: