Tanaman Jahe Penangkal Virus

Tanaman jahe sebenarnya bukan hanya berfungsi sebagai bumbu dapur saja. Karena sudah berabad-abad, bahan herbal ini sudah digunakan dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan termasuk dalam hal corona virus.

Jahe termasuk kedalam anggota Zingiberanceae, jahe masih berkerabat dengan tanaman herbal lain seperti kencur, kunyit, lengkuas. Apakah kamu tahu manfaat jahe? Berikut ulasannya:

  1. Mengobati Gangguan Degeneratif 

Ditemukan sebuah bukti menarik yang bisa kita bahas mengenai manfaat tanaman jahe. ternyata jahe berpotensi untuk mengobati penyakit gangguan degeneratif atau radang sendi dan rematik.

Selain itu, Tanaman jahe juga bisa mengatasi masalah dalam gangguan pencernaan seperti sembelit,maag, muntah, serta diabetes mellitus.

  1. Menghambat penuaan dini

Jahe memiliki anti-inflamasi dan anti-oksidatif berfungsi mencegah proses penuaan dini. Selain itu manfaat jahe juga sebagai tanaman herbal yang memiliki potensi antimikroba sehingga dapat membantu mengobati penyakit bersifat menular ,jahe juga ternyata dapat mencegah berbagai macam kanker tetapi menurut beberapa jurnal  potensi jahe terhadap pencegah kanler masih perlu diteliti lebih lanjut.

  1. Meredakan Nyeri pada saat Haid

Apabila mengonsumsi air jahe secara rutin dapat  membantu mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada saat menstruasi. Bahkan  jahe disebut-sebut tak berbeda jauh khasiatnya dengan obat ibuprofen atau asam mefenamat.

  1. Menstabilkan Glukosa Darah dan Kolesterol

Hasil jurnal  US National Library of Medicine National Institutes of Health – tentang khasiat jahe, apabila rutin mengonsumsi jahe memiliki khasiat menurunkan glukosa darah secara masif. Bukan hanya itu, mengkonsumsi jahe dengan rutin juga berkhasiat menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigserida, dan meningkatkan HLD (lemak baik).

  1. Memperkuat daya tahan tubuh

Jahe memiliki banyak sekali kandungan vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membantu tubuh dalam memperkuat sistem imunitas dalam tubuh. jahe juga memiliki kandungan yang lain seperti gingerolsshogaols, zingerones dimna dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

6. Mencegah Infeksi Bakteri dan Virus

Kandungan gingerol yang ada dalam jahe dipercaya dapat menghambat infeksi bakteri atau virus masuk kedalam tubuh seperti shigela, E.coli bahkan corona virus yang saat ini sudah mewabah di dunia.

  1. Mengurangi Sakit Otot

Manfaat minum jahe dengan rutin juga bisa membantu kita  mengurangi sakit otot. Menurut studi University of Georgia, Amerika Serikat bahwa jahe mempunyai efek antiperadangan yang berkhasiat untuk meredakan sakit otot. 

Dalam sebuah penelitian, para ahli medis melakukan riset kepada 74 orang untuk melakukan beberapa jenis latihan fisik. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama  diberikan suplemen jahe dan kelompok yang kedua hanya diberikan pil yang mengandung gula.

Hasilnya mengejutkan ternyata pada kelompok pertama rasa sakit nyeri otot setelah melakukan latihan fisik lebih ringan 25 persen dibandingkan dengan kelompok yang kedua.

  1. Mengurangi Morning Sickness

Hasil  studi dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologists pada tanaman jahe bermanfaat untuk mengurangi gejala morning sickness pada masa awal kehamilan.Ekstrak dari akar jahe juga telah digunakan lebih dari dua ribu tahun untuk mengobati gejala gangguan pencernaan seperti mual, muntah, sembelit, dan perut kembung.

Walaupun memiliki banyak khasiat cobalah untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi rutin tanaman jahe. Sebab, ada juga beberapa orang yang harus menghindari mengkonsumsi jahe secara rutin.

Tanaman jahe walaupun termasuk tanaman herbal,  tetapi juga memiliki efek samping ya seperti menimbulkan rasa kurang nyaman pada perut, nyeri pada ulu hati dan juga diare,nah sedangkan untuk kamu yang memiliki masalah strees kamu bisa coba bermain bonus288 dijamin tidak memiliki efek samping seperti jahe.

%d bloggers like this: