Olahraga Bela Diri Asli Indonesia Yang Popular

Beladiri Karate, Taekwondo, Muay Thai adalah beberapa nama olahraga bela diri yang sudah tidak asing lagi sering terdengar namanya. Mulai dari film sampai kejuaraan seni bela diri , sangat sering menampilkan kehebatan olahraga seni bela diri yang berasal dari berbagai negara ini.

Nah, apakah kamu tahu Indonesia juga punya olahraga seni bela diri tradisional yang nggak kalah hebat dari jurus-jurus bela diri luar negeri tersebut bahkan beberapa film dunia sudah mempelajari gerakannya. Berikut ini beberapa seni beladiri asli Indonesia.

1. Seni Bela Diri Pencak Silat

Seni bela diri Pencak silat adalah salah satu seni bela diri asli tradisional Indonesia. Berasal dari budaya suku Melayu daerah pesisir Sumatra atau semenanjung Malaka. Penyebarannya yang dipengaruhi oleh para ulama dengan penyebaran agama Islam pada abad ke-14 ke seluruh Nusantara.

2. Seni Bela diri Silek Minangkabau

Daerah Minangkabau juga mempunyai seni bela diri  yang disebut dengan Silek Minangkabau atau Silat Minangkabau. Seni bela diri ini asal muasal dari daerah Sumatera Barat sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan  secara turun temurun diwariskan ke generasi berikutnya.

Masyarakat dari daerah Minangkabau mempunyai kebiasaan merantau . Untuk itu demi menjaga diri selama perjalanan maka silek Minangkabau ini yang akan menjadi pertahanan kalau mereka diserang oleh orang jahat.

3. Seni Bela Diri Tarung Drajat

Seni Bela diri Tarung Drajat diciptakan oleh Achmad Drajad tahun 1960an di Kota Bandung. Teknik seni bela diri ini beliau kembangkan dari pengalamannya bertarung di jalanan. Tekniknya lebih menggunakan full body contact alias menggunakan seluruh anggota tubuh secara penuh.

Pada tahun 1998, seni bela diri Tarung Drajat diresmikan menjadi olahraga nasional dan digunakan sebagai pelatihan dasar TNI Angkatan Darat. Seni Bela diri ini menitik beratkan pada serangan agresif dalam teknik memukul dan menendang, disertai berbagai teknik bantingan, teknik kuncian dan sapuan kaki. Seni Bela diri ini kini  telah menjadi salah satu cabang olahraga di Sea Games 2013.

4. Seni bela diri Perisai Diri

Seni bela diri Perisai Diri didirikan tepatnya pada 2 Juli 1955 di Kota Surabaya oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo beliau adalah putra bangsawan Keraton Paku Alam. Teknik silat Perisai Diri mengandung 156 aliran silat dari berbagai daerah Nusantara serta beberapa aliran Shaolin dari Tiongkok. 

Seni Bela diri ini diakui secara resmi sebagai salah satu anggota dari IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Seni bela diri Perisai Diri pernah mendapat predikat Perguruan Historis karena salah satu dari perguruan bela diri yang berperan dalam sejarah terbentuknya dari IPSI.

Sebenarnya masih banyak lagi seni beladiri yang berasal dari Indonesia yang juga memiliki teknik yang luar biasa, seni bela diri adalah teknik mempertahankan dari serangan lawan yang terlihat, sedangkan bagimana bila menghadapi lawat yang tak kasat mata seperti corona virus atau lebih dikenal dengan covid-19.

Untuk itu pertahanan daya tahan tubuh sangatlah penting salah satu caranya adalah dengan selalu melakukan olah raga dan jaga kebersihan diri sendiri, ikuti program pemerintah social distancing dengan melakukakn isolasi diri selama 14 hari,bila kamu jenuh pada saat melakukan isolasi diri kamu bisa menghabiskan waktu dengan bermain permainan bonus288 sebagai penghilang kepenatan.

%d bloggers like this: