Obat Kimia Yang Dipakai Untuk Berhenti Merokok

Kalau anda berkonsultasi dengan dokter masalah berhenti merokok, pasti anda disarankan untuk memulainya dengan niat yang kuat, selain itu dokter juga terkadang memberikan alternatif lain dalam terapi berhenti merokok yaitu dengan mengkonsumsi obat tertentu, apakah anda tahu obat apa saja yang dapat membantu berhenti merokok. Berikut obat apa saja itu.

  1. Varenicline 

Obat ini berfungsi untuk mengganggu reseptor dari nikotin dan menimbulkan efek untuk mengurangi kenikmatan yang dirasakan saat merokok serta mengurangi efek candu dari nikotin.

Biasanya obat ini akan dikonsumsi kurang lebih dua belas minggu dan dikonsumsinya satu sampai empat minggu sebelum berhenti merokok.

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter apabila ingin menggunakan obat ini karena terkadang dosisnya berbeda beda dengan kondisi tubuh.

Obat ini memiliki beberapa efek samping seperti. Mual, sakit kepala, susah tidur, perut kembung, sembelit, ruam kulit, masalah jantung, halusinasi dan masih banyak lagi.

  1. Bupropion

Obat ini adalah antidepresan yang dapat membantu mengurangi keinginan efek dari nikotin yang dikurangi. Kerja dari obat ini yaitu mempengaruhi bahan kimia yang ada didalam otak yang dihasilkan dari nikotin. 

Obat ini dikonsumsi satu sampai dua minggu sebelum berhenti merokok. Biasanya di konsumsi tujuh sampai 12 minggu dengan dosis 150mg, dua tablet per hari.

Obat ini akan dilarang dikonsumsi apabila pernah mengalami kejang,sirosis,cedera kepala,bipolar, anoreksia dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya anda harus berkonsultasi sebelum mengkonsumsi obat ini

Obat ini juga memiliki beberapa efek samping antara lain seperti mulut terasa kering, susah tidur, hidung tersumbat, badan terasa lelah, sembelit,mual,sakit kepala, dan masih banyak yang lain.

Dilarang untuk membeli obat ini langsung tanpa resep dari dokter, karena bila mengkonsumsi obat ini dibutuhkan suplemen obat yang lain.

  1. Nortriptyline

Obat yang termasuk dalam antidepresi bisa membantu dalam mengurangi  kebiasaan dalam merokok.

Obat yang biasa diminum sepuluh sampai dua puluh delapan hari sebelum seseorang memutuskan berhenti merokok.

Obat ini juga memberi efek samping antara lain detak jantung akan cepat, susah buang air kecil, penglihatan kabur, mulut terasa kering, sakit kepala akibat tekanan darah rendah.

Tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini pada saat mengendarai. 

Obat ini memerlukan resep dokter bila ingin mengkonsumsinya dan juga perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Clonidine

Obat ini biasanya digunakan pada umumnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi bisa digunakan untung terapi dalam berhenti merokok.

Obat ini bisa diminum tiga hari sebelum berhenti merokok dan dikonsumsi dua kali sehari atau ada juga yang berbentuk patch bisa diganti seminggu sekali.

Anda perlu berkonsultasi dengan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini karena memiliki beberapa efek samping seperti pusing, sembelit, ngantuk, dan rasa lelah.

Untuk berhenti merokok harus didukung faktor lain yang tidak hanya ditunjang dari bahan kimia saja, ada baiknya anda melakukannya dengan yang cara mudah terlebih dahulu seperti mengalihkan pikiran diwaktu waktu anda biasanya merokok.

Anda bisa mengalihkan nya dengan bermain game di smarthphone seperti bonus288 yaitu game santai yang tidak membuat stress atau biasakan dengan berolah raga secara rutin.

Bergaya hidup sehat saat ini sudah menjadi trend sendiri bagi sebagian orang termasuk berhenti merokok atau mengatur asupan gizi di dalam tubuh, apalagi sekarang ini negara kita sudah dalam status darurat wabah corona virus.  Jadi mulailah dari sendiri dengan menjaga kesehatan tubuh.

%d bloggers like this: