Menjaga Kehamilan di Tengah Wabah Corona Virus

Menjaga kesehatan kehamilan merupakan hal apalagi ditengah penyebaran corona virus yang semakin masif, hal yang penting adalah memastikan pembentukan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Pada masa awal kehamilan atau hamil muda biasanya menjadi saat- saat  membingungkan. Karena berbagai perubahan akan dialami, sebaiknya pada masa ini janganlah terlalu panik.

Biasanya akan terjadi banyak penyesuaian tubuh hal ini disebakan karena adanya perubahan hormon saat hamil. Tentu saja hal ini adalah kondisi yang normal terjadi.

Untuk itu perlu menjaga kesehatan mulai dari masa kehamilan muda, apa saja yang harus dilakukan berikut ulasannya

Cara Mengatasi keluhan Yang Terjadi Pada Perubahan fisik

Berbagai macam perubahan fisik dalam masa kehamilan yang umumnya terjadi seperti mual muntah (morning sickness), payudara nyeri, intensitas buang air kecil meninggi, mudah capek,sering pusing, kesulitan buang air besar, dan keinginan makan yang banyak atau ngidam,sensitif terhadap bau masakan atau rokok.

 Untuk mengatasi gejala morning sickness, konsumsilah makanan dalam porsi lebih kecil tetapi intensitasnya harus lebih sering. Perbanyaklah minum air putih, atau diselingi dengan minuman ekstrak jahe. beristirahatlah yang cukup juga bisa membantu mengurangi rasa lelah saat hamil muda.

Untuk mencegah sembelit saat hamil ,kamu batasi makanan goreng gorengan, makanan yang pedas, dan minuman bersoda. Tambah makananan yang kaya serat dan lakukan aktivitas yang ringan. Untuk membantu meredakan sakit kepala saat hamil muda, jangan berdiri terlalu lama dan jangan mengubah posisi secara tiba-tiba. Coba berbaring ke arah sebelah kiri akan membantu meringankan sakit kepala.

  1. hindari rokok,minuman alkohol, dan kafein

Salah satu faktor  penyebab keguguran dan bayi prematur adalah rokok. Beberapa penelitian menyebutkan kaitan rokok dengan kondisi bibir sumbing. Hindari  minuman yang mengandung alkohol karena bisa menimbulkan risiko berat bayi yang lahir rendah,mempengaruhi gangguan tumbuh kembang janin, serta bayi menjadi lebih hiperaktif. Kurangi asupan yang mengandung kafein untuk mencegah terjadi risiko keguguran.

  1. Mengontrol kondisi emosional

Kehamilan dapat menimbulkan berbagai macam emosi terkadang seperti gembira, bersemangat, atau terkadang gelisah dan perubahan mood mendadak. 

Ibu hamil muda terkadang seringkali mencemaskan mengenai kondisi bayi, pikiran semacam itu jangan sampai  menyebabkan stres. Hal seperti itu sangatlah normal.

 ibu hamil juga mengalami perubahan emosi  yang membingungkan naik turun atau tiba-tiba merasa sedih. Dukungan dari keluarga sangatlah penting apalagi pasangannya.

Disela sela kesibukan sesekali ajaklah ibu hamil untuk berjalan jalan atau hanya sekedar bermain game di smartphone bersama seperti bermain game bonus288, sehingga dapat mengurangi kondisi stress yang dialaminya.

  1. Meningkatkan hubungan emosional dengan pasangan

Kehamilan adalah  saat yang paling tepat untuk mempererat keintiman pada pasangan kita. Bicarakan dengan jujur misalnya mengenai permasalahan atau harapan yang dirasakan.

Sedangkan aktivitas seksual ibu hamil biasanya sering terganggu.Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim, misalnya pada saat ibu hamil merasa dalam kondisi nyaman.

Kamu tidak perlu mengkhawatirkan efek aktivitas tersebut kepada janin, karena janin akan terlindungi oleh kantung cairan ketuban dan otot rahim.

Sesungguhnya masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan janin apalagi dengan kondisi saat ini dimana wabah corona virus sangat rentan terhadap ibu hamil.

Untuk itu jauhilah tempat tempat keramain dan selalu menjaga asupan gizi, tidak lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan secara rutin.

%d bloggers like this: