Manfaat Olahraga Selain Menurunkan Berat Badan

Banyak sekali anggapan bahwa dengan berolahraga hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja, padahal diluar itu banyak sekali manfaat yang didapat dari berolahraga.

Banyak juga orang beranggapan bahwa beraktifitas sehari hari juga termasuk olah raga, padahal belum tentu aktifitas yang mengeluarkan keringat itu termasuk olahraga.

Olahraga juga penting dilakukan untuk semua kalangan baik dari anak kecil sampai dengan orang lanjut usia. Oleh sebab itu sejak duduk dibangku taman kanak kanak selalu ada sesi olah raga setiap minggunya.

Olah raga sangatlah penting untuk kesehatan tubuh karena dengan berolah raga akan mengaktifkan seluruh anggota tubuh secara fisik dan mental, ada banyak sekali manfaat berolah raga diantaranya.

  1. Mencegah Penyakit

Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang oleh penyakit, karena pada saat melakukan olahraga dapat memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah didalam tubuh sehingga lebih lancar,alhasil mencegah virus dan bakteri untuk berkembang di dalam tubuh karena daya tahan tubuh lebih kuat.

  1. Meningkatkan kinerja otak

Bagaimana hubungan olahraga dan daya pikir? Ketika melakukan olahraga detak jantung akan bekerja secara optimal sehingga aliran darah yang menuju otak semakin lancar dan membawa oksigen untuk otak, lalu saat melakukan olah raga dapat memacu produksi hormon  sehingga membantu meningkatkan pertumbuhan sel sel didalam tubuh begitu juga didalam otak.

  1. Menyehatkan kulit

Melakukan olah raga erat kaitannya dengan meningkatkan kinerja jantung sehingga aliran darah menjadi meningkat, dengan begitu produksi antioksidan alami dari tubuh juga akan mengalami peningkatan.

Antioksidan sendiri berfungsi untuk melindungi sel sel termasuk kulit, dengan begitu kesehatan kulit juga lebih sehat dan glowing. Anda juga bisa menambahkan dengan asupan gizi yang kaya akan antioksidan.

  1. Refresing

Walaupun bentuknya kegiatan fisik dan membuat lelah, olah raga adalah salah satu cara dalam membantu relaksasi, karena diyakini olah raga dapat membantu mengontrol emosi anda.

Olahraga diyakini dapat merangsang proses relaksasi disaat kita sedang tertidur. Karena peningkatan suhu tubuh pada saat kita melakukan olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur pada kita.

Selain berolahraga sebenarnya anda juga dapat melakukan relaksasi dengan cara yang simple seperti mencoba permainan bonus288 dimana anda bisa bermain berbagai macam permainan yang menarik. 

  1. Menciptakan rasa bahagia

Melakukan olahraga meningkatkan produksi hormon serotin, endofirin dan norepinefrin dimana ketiga hormon tersebut dapat memperbaiki mood seseorang sehingga meningkatkan rasa bahagia pada seseorang. Olahraga sangat disarankan bagi orang orang yang memiliki rasa gelisah yang tinggi.

  1. Meningkatkan energi

Setelah berolahraga seseorang mungkin akan merasa lelah padahal dengan begitu energi yang dihasilkan oleh tubuh akan lebih berlipat karena metabolisme dalam tubuh bekerja secara optimum dan orang yang rutin melakukan olahraga bila menjalankan kegiatan rutin mereka tidak akan mudah lelah.

Jadi apakah kamu merasa bahwa olahraga hanya untuk menguruskan badan, tentu tidak bukan. Sangat banyak sekali manfaat dengan rajin melakukan olahraga. 

Dengan kondisi adanya wabah covid-19 atau corona virus saat ini salah satu mencegah penyebarannya adalah social distancing dan mengurangi kegiatan diluar rumah bila tidak diperlukan. Tetapi jangan sampai  lengah dengan tidak melakukan kegiatan olahraga.karena banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan didalam rumah.

Melakukan olah raga juga harus diimbangi dengan asupan gizi yang seimbang hal ini bertujuan agar kegiatan olah raga bisa menjadi efektif lebih maksimal.

%d bloggers like this: