Langkah Menjelaskan Corana Virus pada Anak

Salah satu cara mencegah penyebaran corona virus yang semakin masif hampir di setiap belahan dunia memutuskan untuk menutup setiap akses warga negara yang terindikasi terinfeksi untuk masuk ke kota alias lockdown kota.

 Aksi lockdown tersebut ternyata berimbas pada sarana publik  termasuk sekolah, tentu saja menimbulkan berbagai pertanyaan di benak anak kenapa mereka diliburkan, apalagi ketika ada orang terdekat mereka yang terindikasi terinfeksi corona virus. Mungkin saja anak anak ini mengetahui tentang corona virus atau COVID-19 dari media informasi tetapi mereka tetap harus mendapatkan pengertian khusus tentang virus ini 

Bagaimana cara menjelaskannya kepada anak anak, berikut beberapa tips cara menjelaskannya kepada anak anak antara lain :

1. Menanyakan apa saja yang mereka ketahui dari virus ini

Sebelum menjelaskan virus ini dengan lebih detail tentang COVID-19 kepada anak, Anda harus bertanya terlebih dahulu kepada mereka apa saja yang sudah diketahui. 

Bertanya kepada anak juga perlu disesuaikan sesuai dengan usianya. Misalkan untuk anak yang berusia sekolah sebaiknya ditanyakan apakah pihak sekolah sudah memberikan informasi atau penjelasan tentang virus ini,dan apa saja informasi yang dipahami oleh mereka.

Sementara untuk anak balita atau lebih kecil, Anda bisa menanyakan kepada apakah ada orang dewasa lainnya pernah membicarakan wabah virus ini. Jadi anda bisa mengetahui apakah anak ini mendengar informasi yang tepat atau tidak.

Barulah anda bisa mengajak anak untuk berdiskusi secara detail agar mereka dapat memahami dan melihat reaksi dari penjelasan anda apakah anak tersebut merasa tertarik atau hanya sekedar mendengarkan saja.

Jadi bacalah situasi anak saat ingin menjelaskannya,berikan informasi saat mereka mulai ingin mengetahui lebih banyak dari virus corona ini.

Anda bisa mengajaknya melakukan sesuatu yang seru bersama terlebih dahulu untuk menggali informasi dari mereka, misalkan anda mengajak anak bermain game bonus288 bersama, lalu anda bisa mengajak ngobrol dengan bertanya kepada anak “kamu tahu tidak corona virus itu apa”

2. Jelaskan secara jujur dan santai agar mudah dipahami

Setelah menggali informasi dari anak, Anda bisa melanjutkan ke tahap menjelaskan dengan cara yang mudah dipahami oleh mereka atau dengan bahasa yang tidak terlalu ilmiah.

Dalam menjelaskan hendaknya berkata dengan jujur tetapi jangan membuat  mereka merasa takut yang berlebih jelaskan secara santai dan sesuaikan dengan bahasa mereka.

Karena terkadang pihak sekolah sengaja menutupi beberapa informasi kepada anak agar anak merasa aman dan bisa dengan tenang menerima keadaan yang sedang terjadi.

Gunakan suara yang tenang dan mengajak mereka untuk selalu waspada terhadap corona virus

3. Alihkan perhatian saat mereka mulai cemas

Saat menjelaskan tentang wabah mungkin sebagian anak akan muncul rasa kecemasan, respon seperti itu adalah hal yang sangat wajar mengingat mereka mendapatkan banyak informasi dari media atau diluar lingkungannya.

Apabila seperti itu telah terjadi maka coba alihkan perhatian anak dengan mengganti saluran televisi anda atau memberikan fasilitas mereka untuk bermain game di handphone, anda bisa mendownloadkan game android terbaru seperti bonus288 untuk anak anda sehingga perhatian akan kecemasan mereka bisa teralihkan.

Berikan  informasi bahwa efek virus corona terhadap anak sangatlah berbeda dengan orang dewasa, yang dikhawatirkan hanyalah anak bisa menjadi perantara dalam penyebaran COVID-19. 

Demikian sedikit ulasan bagaimana cara menjelaskan wabah pandemi ini kepada anak, diharapkan agar anak anak perlu mengerti tentang lebih peduli terhadap lingkungan dan kebersihan diri dan keluarga

%d bloggers like this: