Kabar Penyebaran Corona Virus di Indonesia

Berita mengenai COVID-19 memang tidak pernah usam, kita memang diharuskan untuk terus mengikuti perkembangan informasi dari corona virus, untuk menyegarkan lagi pikiran karena betapa beratnya berita ini kita bisa selingi dengan bermain bonus288 pada aplikasi game android kamu.

Pada hari minggu tanggal 15 maret 2020 Bpk Achmad Yurianto selaku juru bicara pemerintah yang menangani kasus COVID-19 menetapkan 21 kasus baru telah terjadi dengan total jumlah pasien saat ini 117 orang teridentifikasi positip COVID-19.

Sontak saja beberapa event besar di indonesia langsung di pending untuk diselenggarakan, beberapa kota besar telah melakukan lockdown termasuk Ibu Kota Jakarta. Berita semakin berat saja dipikiran, bahkan salah satu mentri kabinet yaitu mentri perhubungan Bpk Budi Karya Sumadi ditetapkan positip COVID-19  pada hari sabtu 14/3/2020.

Penyebaran corona sangatlah masif Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan segera mengeluarkan surat keputusan untuk meliburkan sekolah sekolah untuk mencegah penyebarannya menurutnya anak adalah media penyebaran virus yang sangat cepat walaupun sesungguhnya anak anak lebih kebal terhadap virus ini.

Event besar formula E terpaksa dipending ini atas dasar demi keselamatan para atlet dan mencegah penyebaran yang mewabah di Kota Jakarta.

Beberapa TIM peneliti ITB memprediksi corona virus akan terus melonjak hingga bulan april. Jumlah kasus corona virus diprediksi bisa mencapai hingga 60 kali lipat dari sekarang

Beberapa TIM matematika epidemiologi PPMS (Pusat Permodelan Matematika dan Simulasi) dari ITB mencoba memprediksi dengan Kurva Richard sama seperti yang digunakan oleh korea selatan.

Dan ternyata hasilnya sangat mengejutkan pandemi corona virus akan berakhir pada pertengahan april 2020 dan puncak penyebarannya pada akhir maret 2020 tentu bila dilakukan tindakan pencegahan sama seperti yang dilakukan oleh negara Korea Selatan.

Menurut PPMS ITB hasil jumlah kasus bisa lebih dari 8000 kasus, apabila tidak dilakukan pencegahan yang serius. Seharusnya kita bisa mencontoh dari negara Taiwan yang suskes menekan perkembangan virus COVID-19 walaupun Negara ini memiliki interkoneksi langsung dengan Tiongkok.

Selain itu sebaiknya masyarakat harus bisa menjaga keselamatan diri dan keluarganya. Biasakan untuk sesering mungkin mencuci tangan dan melakukan tindakan social distance.

Kenapa pemerintah menyarankan untuk social distance sebab corona virus menular melalui cairan orang yang terinfeksi walaupun itu sangat sedikit kemudian masuk kedalam tubuh kita melalui hidung, mulut atau mata, misalkan penderita yang terinfeksi batuk atau bersin lalu mengenai tangan kita dan kita mengusap mata kita.

Jadi bisa disimpulkan corona virus penularannya bukan melalui udara. Dari data yang dimiliki oleh WHO 80 % orang yang terinfeksi corona virus akan sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan khusus data menunjukkan bahwa 1 dari 6 orang yang akan mengalami sakit yang parah biasanya 1 orang tersebut adalah orang yang lebih tua atau orang yang memiliki rekam medis seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi.

Pantau terus informasi yang ada karena otoritas pemerintah akan memegang peranan sangat penting dalam menangani pandemi corona virus, lamgkah berikutnya adalah mengurangi kegiatan diluar apabia dirasa kurang penting sebaiknya batalkan saja.

Indonesia menjadi negara kepulauan yang sangat padat penduduknya sehingga sangat susah untuk memantaunya. Oleh sebab itu ada baiknya bisa memulainya dari diri sendiri dan keluarga. Kalau artikel ini terlalu berat buat kamu, kamu bisa rehat sejenak sambil bermain game bonus288.

Waspada corona virus itu harus tapi ingat jangan panik ya.

%d bloggers like this: