Makan Setelah Berolah Raga Boleh Ga Sih

Apakah kamu merasa lapar setelah melakukan olahraga? Tentu hal ini bukan kamu saja yang merasakan. Biasanya seluruh orang yang baru saja selesai beraktivitas atau melakukan olahraga, pasti akan merasa lapar apakah ini terjadi sama kamu juga.

Terkadang, ini bisa jadi pertanyaan buat kita, apakah harus menahan lapar tersebut setelah olahraga atau tetap menuruti keinginan mengisi perut setelah aktivitas olahraga. 

Sebenarnya boleh tidak sih makan setelah melakukan olahraga? Atau haruskah kita menahan lapar agar  olahraga kita tidak sia-sia? Apapun jenis olahraga yang kamu lakukan, entah itu kardio atau hanya sekedar latihan kekuatan otot, tetap saja menghabiskan energy kamu. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang kemudian merasa kalau perut keroncongan setelah melakukan olahraga.

Sebenarnya, sah-sah saja bila kamu makan setelah melakukan olahraga, bahkan kamu sudah boleh makan setelah 15-30 menit usai melakukan aktifitas olahraga. Tubuh tetap perlu asupan makanan sebagai pengganti energi yang sebelumnya telah terkuras melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan tidak akan sia-sia bila kamu makan setelahnya.

Soalnya, ketika melakukan olahraga, kita membakar sebagian cadangan lemak yang terpakai sebagai bahan energy yang dipakai. makanan yang kamu makan setelah olahraga tidak akan  berubah menjadi cadangan lemak menggantikan dibakar saat olahraga.

Makanan akan diubah menjadi lemak bila memang kebutuhan makanan jaringan dan sel tubuh sudah semuanya terpenuhi. Sisanya barulah akan menjadi lemak tubuh.

Lagi pula, otot-otot tubuh akan membutuhkan energi dan makanan sebagai pengganti setelah bekerja keras. Dengan begitu, otot dapat pulih kembali dan kamu pun mampu kembali melanjutkan aktivitas lagi atau melakukan olahraga pada jadwal selanjutnya. 

Jadi,kamu tidak perlu merasa bersalah bila merasa kelaparan dan ingin makan setelah melakukan olahraga. Akan tetapi, berhati hatilah dengan porsi dan jenis makanan yang akan kamu pilih jangan gara- gara perut kosong keroncongan, kamu boleh makan sepuasnya dalam porsi yang banyak.

Tetap saja,kamu harus mengatur dan memilih makanan yang sehat dan bergizi. Konsumsilah makanan bernutrisi seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Hindarilah makanan yang berlemak tinggi setelah melakukan aktivitas olahraga. 

Hindarilah juga makanan yang berat setelah melakukan olahraga. Ini hanya akan membuat perut kenyang dan kaget.sebaiknya ganti makanan tinggi kalori dengan makanan yang ringan tapi cukup untuk menggantikan energi yang hilang saat olahraga. 

Jika merasa pusing dan lemah setelah selesai berolahraga, makanlah makanan atau camilan yang manis karena bisa membantu memulihkan energi . Selain itu, kamu bisa makan buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami seperti salad atau gado-gado  bisa menjadi pilihan kamu.

Setelah berolahraga ada baiknya habiskan waktu dengan bermain game bonus288 di smartphone android sampai waktu makan tiba. Setelah itu barulah setelah 30-60 menit kamu bisa mengonsumsi makanan berat.

Saat ini menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting untuk mencegah penyakit yang masuk dalam tubuh termasuk maraknya wabah corona virus. menjaga kebersihan diri juga menjadi point dalam mencegah penyakit ini,

Serta wajib mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran corona virus seperti social distancing dan hindari keluar rumah. 

%d bloggers like this: