Lima Olahraga Cocok Buat Manula Hindari Corona Virus

Olahraga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan bagi para manula untuk mencegah corona virus. Aktifitas fisik itu sebenarnya sangat perlu dilakukan untuk menjaga stamina agar selalu fit sepanjang hari. 

Memang fisik para manula berbeda sekali dengan orang yang masih muda, sehingga mereka rentan sekali tertular segala penyakit, termasuk corona virus. Tetapi, jangan khawatir, berikut beberapa jenis olahraga yang sangat cocok untuk para manula agar tidak mudah terserang  virus berbahaya seperti Corona. 

  1. Olahraga Yoga

Yoga sangat bagus dilakukan oleh para manula karena olahraga yoga ini minim sekali dengan risiko cedera. Bahkan, olahraga yoga terbilang sangat murah dan dapat dijalankan di lokasi mana saja, sebab olahraga yoga tidak perlu lokasi serta waktu khusus. 

Jika olahraga yoga dijalankan secara teratur, pasti akan membantu para manula dalam mengontrol emosi sehingga dapat menjaga kesehatan mentalnya. Dalam olahraga yoga bukan hanya fisik saja yang dilatih, tetapi juga beberapa teknik pernapasan yang dapat menyehatkan pikiran.

Dengan terbiasa melakukan teknik pernapasan, tentu dapat mengendalikan penyakit pikiran seperti depresi, stres. Bila dilakukan secara rutin olahraga yoga juga dapat meningkatkan imunitas didalam tubuh.

  1. Olahraga Joging

Olahraga joging sangat baik untuk para manula bila ingin meningkatkan daya tahan atau stamina tubuh dirinya. Berdasarkan riset dari Peter Schnohr berpendapat bahwa olahraga joging mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah, jantung, dan kepadatan tulang, serta mencegah obesitas, serta pembekuan darah. 

Bagi pemula yang ingin melakukan olahraga joging ada baiknya untuk memilih joging track yang rata serta tidak terlalu jauh, anda bisa melakukkannya di gelanggan olah raga atau taman kota.

  1. Berjalan kaki

Olahraga  berjalan kaki ini sangat cocok bila dilakukan oleh orang tua karena bisa dilakukan dimana saja. Bagi mereka yang terbilang sudah tidak terlalu muda lagi sebaiknya membiasakan rutin berjalan kaki untuk menjaga stamina jantung serta melancarkan  peredaran darah. 

Sedangkan bagi yang telah memasuki usia 65 tahun, olahraga berjalan kaki  sangat bermanfaat untuk mencegah pikun atau demensia. 

  1. Olahraga Renang

Melakukan olahraga renang memberi pengaruh yang  baik terhadap kesehatan para manula. karena olahraga renang memiliki banyak sekali manfaat seperti, memperkuat kerja jantung, mengobati radang sendi, menurunkan risiko diabetes.

Berdasarkan beberapa penelitian telah menunjukkan risiko diabetes dapat diturunkan hingga enam persen dari setiap pembakaran 500 kalori yang dilakukan selama berenang. Jadi dengan melakukan  berenang sekitar 30 menit , Anda bisa membakar kalori sebanyak 900 kalori sangat efektif bukan. 

  1. Olahraga Senam

Para manula yang rutin melakukan olahraga memiliki tingkat resiko yang lebih kecil terhadap serangan penyakit kronis. Oleh sebab itu senam juga menjadi salah satu olahraga yang sederhana bisa dilakukan untuk para manula karena manfaatnya sangat banyak sekali. 

Manfaat  olahraga senam bagi para manula atau lanjut usia (Lansia) seperti, mencegah resiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi dan diabetes, sampai menjaga kesehatan tulang serta persendian. jika ingin mendapatkan khasiat yang optimum, sebaiknya lakukan olahraga ini pada pagi hari atau sore hari. Jika melakukan olahraga apapun ini dengan rutin, tubuh tidak akan rentan terserang virus apapun, seperti halnya corona virus. Sedangkan untuk anda yang masih jenuh didalam rumah terus akibat program karantina diri ada baiknya untuk mencoba permainan bonus288 karena banyak sekali game yang ada di aplikasi tersebut, dan dapat mengusir kepenatan anda pastinya.

%d bloggers like this: