Gaya Hidup Sehat Dengan Stop Merokok

Entah kenapa merokok sudah melekat dengan masyarakat Indonesia, segala bentuk kampanye anti rokok tetap saja tidak mengubah cara pandang perokok berat, bahkan pemerintah sudah menaikkan harga rokok berlipat lipat tetap saja jumlah perokok di Indonesia terus beregenerasi.

Padahal merokok sangat membahayakan orang yang ada disekitar anda, walaupun mereka hanya menghirup asap rokoknya saja, berhenti merokok tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri tetapi juga orang lain.

Artikel berikut ini akan memberikan beberapa tips bagaimana cara berhenti merokok.

Metode berhenti merokok sangatlah banyak ada yang bisa berhenti secara langsung ada yang bisa dilakukan dengan cara bertahap.

Metode manapun semua tergantung dari diri sendiri, karena harus memiliki motivasi yang kuat untuk melakukannya berikut beberapa tips cara berhenti merokok.

  1. Kuatkan niat dan motivasi  berhenti merokok

Salah satu cara untuk menguatkan motivasi dan niat adalah anda harus mencoba membuat daftar alasan kenapa anda harus berhenti merokok

Buatlah catatan kecil dalam kertas semakin banyak alasan anda berhenti merokok maka semakin kuat membentuk motivasi anda.

Coba untuk membacanya setiap hari agar anda selalu ingat dan menanamkan didalam alam pikiran bawah sadar anda.

  1. Memulai rencana untuk memulainya

Putuskan dengan niat kuat kapan untuk memulai berhenti merokok, anda perlu melakukan beberapa hal sebelum memulainya seperti, memberitahukan lingkungan sekitar termasuk keluarga, teman bahwa anda sudah behenti merokok.

Buanglah sisa sisa rokok yang anda punya bahkan asbak yang berada dirumah atau dikantor anda, anda juga perlu menyiapkan instrument lain pengganti rokok seperti permen untuk selalu berada di saku anda.

  1. Ubah kebiasaan waktu waktu merokok

Kecanduan merokok sebetulnya lebih ke dalam psikologis, oleh karena itu anda harus mengantisipasi waktu waktu kebiasaan anda dalam merokok.

Waktu merokok misalnya setelah meminum kopi di pagi hari, maka anda bisa mengantisipasi dengan mengubah jadwal minum kopi anda atau mengganti kopi dengan minuman yang lain.

Waktu kebiasaan merokok setelah makan anda bisa mengantisipasinya dengan melakukan gosok gigi setelah makan atau langsung menyibukkan diri dengan kegitan yang lain.

  1. Menyibukkan diri saat waktu lenggang

Anda pasi akan mengalami kesulitan pada saat satu bulan pertama, oleh sebab itu anda harus mencari waktu yang tepat untuk berhenti merokok seperti disaat pekerjaan anda mulai menumpuk.

Lakukan kegiatan rutin yang santai tidak membuat stress misalkan dengan berolah raga dengan teman teman yang baru yang tidak memiliki kebiasaan merokok.

Anda juga bisa mengalihkan dengan bermain game di smartphone android seperti mencoba permainan seru dari game bonus288.

Hindari melamun atau suasana yang sepi karena membuat anda memiliki peluang untuk merokok lagi.

  1. Jauhi teman yang merokok

Tekad yang kuat terkadang bisa hancur karena kita kembali lagi dengan teman yang meokok, cobaan dari godaan teman sangat sulit oleh sebab itu hindari teman yang merokok.

Anda juga harus bisa menjelaskan dengan halus kepada teman teman anda yang merokok bahwa anda sudah tidak merokok lagi, apalagi bila anda bisa mengajak orang lain untuk berhenti merokok.

Saat ini bergaya hidup lebih sehat sangat memiliki banyak keuntungan, apalagi saat ini sedang merebah wabah pandemi corona virus yang sudah mulai menyebar di negara kita.

Bila anda sayang dengan orang orang terdekat disekitar anda maka ada baiknya untuk berhenti merokok secepatnya.

%d bloggers like this: