Cara Memilih Pilihan Raket Yang Tepat

fOlah raga badminton atau lebih dikenal dengan bulu tangkis adalah salah satu olah raga populer yang ada di Indonesia. Bulu tangkis sejak dahulu sudah menjadi kebanggan bangsa Indonesia. Banyak sekali gelaran internasional yang dimenangkan oleh atlet atlet dari negara kita.

Bagi anda yang ingin melakukan olah raga ini tentunya anda harus memiliki raket bulu tangkis terlebih dahulu.pada awalnya raket bulu tangkis terbuat dari kayu lalu seiring dengan perkembangan jaman, saat ini raket bulu tangkis sudah terbuat dari logam ringan yang terbuat dari serat karbon.

Dalam hal material serat karbon memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan material yang lain, mulai  dari perbandingan kekuatan, berat, dan kelenturan.

Memilih raket tidak sesimple dalam memilih permainan yang ada didalam smartphone kamu misalkan saja kalau kamu mau bermain permainan game yang asik tentu kamu tinggal memilih game bonus288. Sedangkan dalam memilih raket bulu tangkis ada beberapa hal yang harus diperhatikan dahulu sebelum membelinya antara lain seperti.

  1. Mengetahui gaya permainan

Tidak semua raket bulu tangkis yang ringan dan lentur adalah yang terbaik, sebetulnya raket bulu tangkis di design berdasarkan karakter gaya permainan. Karena biasanya didalam permainan bulu tangkis terdapat gaya permainan bertahan dan menyerang ataupun gabungan dari keduanya.

Gaya permainan penyerang sebaiknya menggunakan raket yang tidak terlau lentur dan tidak terlalu ringan hal ini bertujuan untuk menyalurkan kemampuan pukulan smash.

Gaya permainan bertahan sebaiknya menggunakan  raket yang ringan hal ini dimaksudkan agar anda dapat merespon serangan dengan cepat.

Gaya permainan kombinasi sebaiknya memilih raket dengan fleksibilitas sedang.

  1. Mengetahui spesifikasi raket

Dalam memilih raket anda harus mengetahui beberapa spesifikasinya seperti kode kode tertentu yang ada dalam raket tersebut. Apa saja spesifikasinya berikut ulasannya

  • Spesifikasi berat

Raket bulu tangkis biasanya terbagi dalam beberapa ukuran standar ukuran berat . Berat raket digambarkan dengan lambang “U” apabila semakin tinggi nilainya semakin ringan raket tersebut begitu pula sebaliknya semakin rendah nilai U maka semakin berat raket tersebut.

  • Titik keseimbangan 

Bagaimana cara mengetahui  titi keseimbagan raket, salah satu cara mengetahui titik keseimbangan adalah dengan meletakkan raket di ujung jari telunjuk anda lalu perhatikan dimana titik keseimbangan itu berada, apabila berada dekat dengan frame maka raket itu termasuk kedalam raket power akan tetapi bila keseimbangan berada dekat dengan pegangan raket maka termasuk raket tipe control.

  • Kelenturan

Untuk mencoba kelenturan raket bulu tangkis anda coba untuk melakukan ujung pegangan dan frame dan coba untuk membengkokkannya secara perlahan.

Raket yang memiliki fleksibilitas cocok untuk bertahan karena bagus dalam mengantisipasi serangan seperti smash. Raket yang lentur cocok digunakan untuk para pemula.

Sedangkan raket yang kaku lebih cocok untuk digunakan dalam hal penyerangan.

  • Bentuk kepala raket

Tipe raket secara frame biasanya terbagi menjadi 2 macam yaitu tipe konvensional dan tipe isometric.

Tipe isometrik saat ini banyak digunakan karena memiliki bantalan senar yang luas sehingga memiliki spot spot pukulan yang banyak.

  • Bahan raket

Anda bisa memilih bahan raket dengan yang terbuat dari carbon fiber karena memiliki karakter yang ringan,selain itu bahan ini kuat serta tahan lama. Bisa digunakan bertahun tahun.

  • Pegangan raket

Sesuaikan pegangan raket dengan tangan anda perhatikan pula jika anda ingin menambahkan handgrip, pastikan nyaman untuk dipegang.

Demikian beberapa ulasan dalam memilih raket bulu tangkis, supaya anda tidak salah pilih dalam menentukannya.

%d bloggers like this: