Berbagai Khasiat Daun Kelor

Apakah kamu pernah melihat daun kelor, sebagian orang mungkin baru saja mendengar namanya, secara mistis biasanya masyarakat mempercayai sebagai tanaman pengusir makhluk halus. Padahal tanaman daun kelor memiliki banyak khasiat.

Bahkan WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia menetapkan bahwa tanaman ini membatu perkembangan tubuh dan ditetapkan sebagai obat tradisional.

Menurut penelitian tanaman yang memiliki nama latin Moringa Oleifera berasal dari dari negara India, akan tetapi sudah banyak menyebar ke berbagai wilayah dunia seperti Afrika, Amerika Selatan,Timur Tengah dan Asia tenggara termasuk Indonesia.

Kandungan apa saja yang terdapat pada daun kelor, menurut beberapa penelitian daun kelor memiliki kandungan yang bersifat antivirus,antijamur,antidepresi,dan anti inflamasi. Sehingga dipercaya memiliki banyak sekali khasiat diantaranya.

  1. Mencegah dan mengobati penyakit Kanker

Kandungan pada daun kelor salah satunya adalah niazimicin adalah seyawa yang dapat menghambat pertumbuhan kanker. Sedangkan beta-sitisterol dalam daun kelor memiliki manfaat dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pada prostat dan usus besar, selain itu kandungan anti inflamasi pada daun kelor dapat menyeimbangkan kadar gula darah, sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Menstabilkan Kadar Gula

Salah satu yang paling popular dari masyarakat India kenapa mengkonsumsi daun kelor atau buahnya adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah, mereka biasanya membuatnya menjadi teh atau mengkonsumsi sebagai sayur.

  1. Kaya akan antioksidan

Fungsi dari antioksidan adalah untuk melawan radikal bebas didalam tubuh. Bahaya radikal bebas adalah bisa menyebabkan stress oksidatif sehingga menimbulkan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes. Secara studi menyebutkan mengkonsumsi 7gram serbuk daun kelor setiap hari dalam tiga bulan dapat menaikkan kandungan antioksidan di dalam darah.

  1. Menurunkan Kolesterol

Efek kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan resiko mendapati penyakit jantung, dengan kandungan yang ada di dalam daun kelor bisa menurunkan resiko tersebut. Ini dikarenakan daun kelor dapat menurunkan kolesterol yand ada di dalam darah.

  1. Memperlancar ASI ibu menyusui

Daun kelor menjadi alternatif ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhan gizinya, hal ini terbukti secara ilmiah karena sudah terbukti bahwa daun kelor dapat mendukung laktasi dan bertindak sebagai galaktagog yaitu zat yang dapat membantu kelancaran laktasi.

  1. Menyembuhkan penyakit asam lambung

Karena mengandung anti inflamasi daun kelor dapat meredakan penyakit magh apabila mengkonsumsinya secara rutin. Selain itu daun kelor sangat menyehatkan bagi pencernaan karena memiliki sifat antibiotik alami serta antibakteri sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

  1. Obat alami anti depresi

Apabila kamu memilik masalah dengan kestabilan mood atau suasana hati, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi ekstrak daun kelor secara rutin. Kandungan vitamin C dan E pada daun kelor dapat membantu mengurangi stress oksidatif. 

Selain itu daun kelor dapat meningkatan hormon bahagia yaitu hormon serotonin dan dopamin.

  1. Mencegah corona virus

Salah satu cara untuk terhinda dari corona virus atau COVID-19 adalah dengan menjaga daya tahan tubuh, dengan kandungan yang ada didalam daun kelor seperti vitamin C, anti oksidan dan protein alami yang tinggi maka dengan rajin mengkonsumsi daun kelor meningkatkan gizi dalam tubuh secara otomatis akan meningkatkan pula daya tahan tubuh.Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mulai berinovasi kuliner dengan membawa daun kelor sebagai salah satu condimennya, seperti yang dilakukan oleh pelajar dari kota Banjanegara membuat inovasi minuman cendol berbahan daun kelor. Wah pasti rasa nya enak ya, apalagi menikmati minuman ini sambil santai bermain game bonus288.

%d bloggers like this: