Bagaimana Cara Memulai Olahraga Rutin Bagi Pemula

Banyak orang telah menyadari bahwa sakit itu mahal, oleh sebab itu menjaga kesehatan adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang. Lakukanlah gaya hidup sehat untuk mencegah hal itu.

Banyak sekali orang yang menyepelekan akan pentingnya olahraga bahkan sebagian orang berpikir bahwa olahraga adalah sebatas trend saja. Melakukan kegiatan fisik dengan rutin seperti olahraga termasuk kedalam gaya hidup sehat.

Tanpa disadari oleh kebanyakan orang, apabila tidak pernah melakukan olahraga rutin memiliki resiko yang lebih besar dalam terkena penyakit termasuk dengan penyakit yang khronis, komplikasi dan memerlukan biaya yang sangat tinggi.

Melakukan kegiatan olahraga secara rutin sangatlah tidak sesulit yang dibayangkan, akan tetapi bagi sebagian orang untuk memulainya membutuhkan motivasi dan niat yang kuat. Biasanya motivasi orang untuk melakukan olah raga ada tiga hal.

Pertama biasanya seseorang yang baru sembuh dari penyakit dan dokter menyarankan untuk berolahraga.

Kedua orang yang memang memiliki passion di dalam bidang olahraga.

Ketiga ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, dan ketiga motivasi tersebut akan berpengaruh terhadap seberapa sering mereka akan melakukan olahraga.

Satu contoh pada motivasi yang pertama misalkan orang yang kolesterolnya tinggi maka dokter akan menyarankan untuk olahraga rutin dibarengi dengan pola makan yang sehat.

Untuk itu disarankan bagi yang ingin baru memulai olahraga carilah olahraga yang menyenangkan biasanya berbentuk tim atau komunitas, jadi ada dukungan dari lingkungan sekitar.

Buat pemula perlu diingat untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga yang berat, dan sebaiknya lakukan dengan jarak pemulihan tubuh misalkan dalam seminggu sebanyak tiga kali olah raga rutin.

Melakukan olah rutin juga bisa dimulai dengan waktu yang tidak lama misalkan 30 menit. Untuk pemanasan 10 menit olahraga utama 15 menit dan pendinginan 5 menit.

Anda juga bisa memulai olahraga dengan kegiatan yang ringan misalnya dengan berjalan kaki atau dengan jalan cepat selama 30 menit.

Bagi pemula ada baiknya untuk melakukan olahraga didampingi dengan profesional, karena biasanya mereka memiliki program program khusus yang disesuaikan dengan porsinya.

Berolahraga bersama pelatih juga bisa memberikan rasa aman apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Oleh karenanya keberadaan pelatih menjadi sangat penting.

Pelatih profesional biasanya bisa membangkitkan motivasi kita untuk terus melakukan olahraga rutin hal ini tentu karena para pelatih mempunyai cara tersendiri untuk memberikan semangat.

Setelah anda memulai berolah raga hal yang tersulit selanjutnya adalah untuk memulai konsisten dalam menjalaninya. Oleh sebab itu lingkungan harus sangat mendukung.

Dan biasakan untuk memiliki target dalam melakukan olah raga misalnya target penurunan berat badan atau target penurunan kolesterol dengan begitu kita mengetahui apa yang telah dicapai dari melakukan olahraga rutin.

Menjaga daya tahan tubuh saat ini menjadi hal yang sangat diperlukan, meningkatkan imunitas tubuh dimana hal ini menjadi sangat marak dibicarakan sebagai bentuk pencegahan dari wabah corona virus atau dikenal dengan nama lain covid-19.

Untuk itu dengan merubah gaya hidup sehat bisa mengurangi dampak penyebaran virus tersebut. Dengan adanya program penyuluhan social distancing saat ini pembatasan keluar rumah menjadi alternatif dalam menekan penyebaran corona virus, kamu bisa mengisi kegiatan dirumah dengan bermain game bonus288 atau kamu juga bisa melakukan beberapa olah raga ringan didalam rumah. 

Jangan karena program socialdistancing program olahraga rutin jadi berkurang. Jaga terus kesehatan.

%d bloggers like this: