3 Kesalahan yang Dapat Memperburuk Penyebaran Corona Virus

Seluruh dunia saat ini sedang memerangi penyebaran corona virus dan berusaha agar dapat menghentikannya. Sayangnya ditengah kondisi yang mencemaskan saat ini ada pihak pihak yang dapat melakukan kesalahan sehingga memperburuk kondisi yang ada.

Corona virus belum ditemukan vaksin dan obatnya, jenis yang ada saat ini juga adalah jenis corona virus yang baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Karena informasi yang tidak jelas sehingga menimbulkan berita yang simpang siur.

Lalu, apa  kesalahan yang harus dihindari agar tidak memperburuk wabah corona virus ?

  1. Tidak melakukan karantina diri saat sedang sakit

Setiap orang yang didapati gejala corona virus disarankan untuk melakukan karantina diri hal ini telah dilansir resmi oleh centers for disease control and prevention ( CDC ). Apa saja gejala tersebut yaitu seperti demam ringan, batuk, sakit tenggorokan.

Sedangkan orang yang mengalami gejala yang parah, seperti demam yang tinggi, lemah, serta sesak napas segeralah untuk memeriksakan diri ke rumah sakit dengan fasilitas lengkap. Apabila terindikasi positip maka harus lakukan perawatan isolasi hingga kondisinya membaik.

Akan tetapi masih banyak yang belum memahami betapa pentingnya karantina diri. Padahal penularan corona virus bisa terjadi walaupun orang tersebut belum menunjukkan gejala.

Oleh sebab itu kesalahan ang dilakukan oleh orang yang tidak mau melakukan karantina adalah suatu kesalahan yang besar yang dapat memperburuk penyebaran virus. 

Banyak hal sesungguhnya yang dapat dilakukan pada saat melakukan karantina diri sendiri misalkan menghabiskan waktu sambil bermain game bonus288 atau lakukan hal kreatif dengan menulis sesuatu.

  1. Menganggap sepele pola hidup sehat

Kesalahan yang bisa memperparah wabah corona virus adalah tidak menjalani pola hidup bersih dan sehat. Padahal,hal ini merupakan langkah yang sangat penting untuk Anda lakukan demi melindungi diri dari penularan COVID-19.

CDC telah menyarankan beberapa hal kebiasaan sederhana yang dapat membantu mengurangi risiko penularan corona virus, yakni:

  • Selalu rutin mencuci tangan dengan air dan sabun minimal selama 20 detik, atau bisa juga menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol sedikitnya 60 persen .
  • Selalu rutin membersihkan barang yang sering tersentuh menggunakan cairan disinfektan.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut secara intense tanpa mencuci tangan terlebih dulu.
  • Melakukan etika saat bersin dan batuk dengan menutup mulut menggunakan tisu, atau dengan lengan siku.
  • Menggunakan masker jika mengalami gejala corona virus,atau bila Anda sedang merawat pasien terinfeksi.
  • Menghindari kontak langsung dengan penderita.
  • Lakukan karantina diri bila sedang sakit.

Virus ini menular melalui droplet atau percikan cairan yang mengandung virus lalu memasuki tubuh secara langsung atau terpapar pada permukaan barang . Oleh karena itu, selalu menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri adalah cara terbaik terhindar virus ini.

  1. Percaya teori konspirasi yang tidak bertanggung jawab

Terkadang informasi dari Internet dan media sosial berisi informasi yang keliru serta teori konspirasi terkait virus COVID-19. misalkan, beberapa teori yang berisi informasi menyebutkan bahwa wabah ini sebenarnya  bukan ancaman kesehatan serius.

Jika anda percaya bahwa corona virus hanya tipuan, lalu anda mengalami gejalanya, tentu anda akan mengabaikan gejala tersebut dan akan berisiko menulari orang lain. Inilah kesalahan yang fatal yang dapat memperburuk wabah tersebut.

%d bloggers like this: